Terancam Penjara Lima Tahun Lebih, Peluang Nunung Rehabilitasi Tertutup?

Komedian Tri Retno Prayudati alias Nunung, nunung narkoba
Komedian Tri Retno Prayudati alias Nunung

POJOKSATU.id, JAKARTA – Nunung alias Tri Retno Prayudati bisa jadi harus mendekam di penjara lantaran kasus narkoba yang menjeratnya.

Demikian disampaikan Kasubdit I Ditresnarkoba Polda Metro Jaya, AKBP Jean Calvin Simanjuntak di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Minggu (21/7/2019).

Calvin menyampaikan, pihaknya telah melakukan gelar perkara sebanyak dua kali. Pemeriksaan pun dianggap telah cukup dilakukan.

“Sudah ditetapkan sebagai tersangka di hari pertama karena ini kan tertangkap tangan ya, untuk ancamannya di atas 5 tahun,” beber Calvin.


Kendati demikian, tak menutup kemungkinan ada perkembangan lain jika satu tersangka lain yang DPO berhasil ditangkap.

“Seandainya DPO berhasil ditangkap, mungkin akan kami lakukan konservatif dan sebagainya,” jelasnya.

Calvin mengungkap, Nunung selama ini sudah kerap dinasehati sang suami, July Jan Sambiran agar berhenti mengkonsumsi sabu.

Akan tetapi, saran dan nasihat itu tak pernah digubris oleh komedian jebolan Srimulat itu.

“Apa yang disampaikan JJ tidak diindahkan NN dan kerap kali selalu menggunakan (narkoba) dari pagi hari sebelum beraktifitas,” beber Calvin.

Fakta lain adalah, Nunung ternyata bukan baru lima bulan saja mengkonsumsi sabu, melainkan sudah sejak puluhan tahun lalu.

Hal itu diketahui setelah penyidik Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya melakukan pemeriksaan intensif kepada Nunung.

Demikian disampaikan Kasubdit I Ditresnarkoba Polda Metro Jaya, AKBP Jean Calvin Simanjuntak di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Minggu (21/7/2019).

“Pengakuan tersangka NN dan suaminya JJ sudah menggunakan narkoba (sabu) sejak 20 tahun yang lalu,” ungkapnya.

Bahkan, suami Nunung, malah jauh lebih lama sudah mengkonsumsi sabu, yakni sejak 24 tahun lalu.

“JJ bahkan lebih lama dari NN,” lanjutnya.

Untuk diketahui, Nunung ditangkap bersama suaminya, July Jan Sambiran setelah sebelumnya lebih dulu menangkap hadi Moheryanto alias Heri yang memasok sabu untuk pasangan tersebut.

Dari pengakuan Heri itulah diketahui di rumah Nunung sering terjadi penyalahgunaan dan transaksi narkoba.

“Hasil interogasi tersangka 1 pukul 12.30 WIB menyerahkan narkoba pesanan tersangka 3 (Nunung) di depan rumahnya,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono, Jumat (19/7).

Nunung, ungkapnya, mengaku menggunakan sabu sejak 5 bulan lalu untuk kepentingan menjaga staminanya saat bekerja di dunia hiburan.

“Tersangka 2 (July Jan Sambiran) dan 3 (Nunung) mengakui memakai sabu 5 bulan lalu untuk stamina dalam bekerja,” lanjutnya.

Argo menyebut, satu tersangka lagi masih diburu berinisial E di mana Hadi mendapatkan sabu darinya di Kawasan Cibinong, Bogor, Jawa Barat.

Dalam kurun waktu 3 bulan, Nunung sudah memesan sebanyak 10 kali sabu untuk konsumsi dirinya dan suami.

Sabu tersebut dibeli dari Heri seharga Rp1,3 juta.

(ruh/pojoksatu)