Sutopo Purwo Nugroho Soul-nya Luar Biasa, Layak dapat Penghargaan se-Asia

Sutopo Purwo Nugroho, sutopo
Sutopo Purwo Nugroho

POJOKSATU.id, JAKARTA – Mabes Polri ikut menyampaikan duka mendalam atas meninggalnya Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho.


Kadiv Humas Polri Irjen Muhammad Iqbal mengaku kehilangan sosok Sutopo yang sangat menginspirasi.

“Kepolisian Negara Republik Indonesia, khususnya saya selaku Kadiv Humas dan jajaran humas di seluruh Indonesia turut berduka cita, berbelasungkawa atas berpulangnya almarhum Pak Sutopo,” ujar Iqbal di Jakarta Pusat, Minggu (7/7/2019).

Mantan Kapolresta Surabaya ini menambahkan, sosok Sutopo Purwo Nugroho sangat menginspirasi bagi jajaran humas. Dia pun memberikan gelar kepada Sutopo sebagai humas sejati.


“Semua data yang diharapkan, informasi apapun diberikan, dan betul-betul menjiwai, soul-nya luar biasa. Sehingga sangat cocok dan sangat layak almarhum mendapat penghargaan se-Asia,” ujar dia.

Iqbal mengungkap, selama mengidap kanker paru-paru sejuak 2017 lalu, dirinya tidak sekalipun pernah mengeluh. Bahkan, Sutopo tetap menjalankan tugasnya dengan sangat maksimal.

“Sosok beliau, khususnya kepada saya sangat menginspirasi karena 2017 almarhum dideteksi didiagnosis mengidap kanker paru-paru, tapi tugasnya sangat luar biasa,” tutur Iqbal.

Untuk diketahui, Sutopo Purwo Nugroho meninggal di Tiongkok usai menjalani perawatan intensif pada Minggu (7/7) pukul 01.00 waktu setempat.

Kepergian Sutopo dipastikan lewat penjelasan Direktorat Pengurangan Risiko Bencana (PRB)-Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) via akun twitter resminya.

“#SelamatJalanPakSutopo Terima kasih banyak untuk dedikasinya dalam mengabarkan kejadian bencana dan edukasi kebencanaan untuk masyarakat agar #SiapUntukSelamat,” tulis admin akun @PRB_BNPB.

Kementerian Luar Negeri menyatakan, pihaknya langsung berkomunikasi dengan istri almarhum untuk memfasilitasi kepulangan jenazah dari Guangzhou Modern Hospital, Tiongkok ke Tanah Air.

Untuk saat ini, Perwakilan RI di Guangzhou akan mengatur hal-hal terkait pengurusan jenazah. Konsulat Jenderal RI Guangzhou beserta staf juga berada di rumah sakit bersama keluarga almarhum Sutopo.

“KJRI Guangzhou telah berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait di Tiongkok, seperti Pimpinan Rumah Sakit, Bea Cukai Tiongkok, dan Pimpinan Kantor perwakilan Garuda Indonesia untuk memastikan agar jenazah almarhum dapat dipulangkan ke Tanah Air secepatnya,” bunyi rilis tersebut.

“Saat ini, dokumen dan hal lain sehubungan proses pemulangan sedang dipersiapkan,” lanjutnya.

(ruh/pojosatu)