Bima Arya Perintahkan Diskualifikasi Warga Titipan PPDB Online

Bima Arya sidak domisili pendaftar PPDB Online di gang Selot Paledang Kota Bogor. (Adi/pojokbogor)
Bima Arya sidak domisili pendaftar PPDB Online di gang Selot Paledang Kota Bogor. (Adi/pojokbogor)

POJOKSATU.id, BOGOR – Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto menemukan warga titipan PPDB online saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Gang Selot, Kelurahan Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jumat malam (28/6/2019).

Bima Arya didampingi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor melakukan sidak karena mendapat banyak aduan dari masyarakat.

Orang nomor satu di Kota Bogor itu mengaku sudah memerintahkan Kepala Dinas Pendidikan untuk mendiskualifikasi pendaftar PPDB online yang memanipulasi domisili.

“Saya banyak terima aduan warga tentang PPDB online. Banyak dugaan manipulasi domisili. Saya perintahkan Kadisdukcakpil, Kadisdik, Camat dan Lurah untuk tindaklanjuti aduan warga,” ucap Bima.


“Akan saya usut tuntas. Kalau ada oknum yang terlibat, kita tindak tegas. Siswa yang terbukti harus didiskualifikasi,” tegas Bima.

BACA: Malam-malam Sidak PPDB Online, Bima Arya Temukan Warga Titipan

Bima mengaku telah mengecek beberapa rumah di Gang Selot yang diduga jadi titipan domisili pendaftar PPDB online. Lokasi ini sangat dekat dengan SMPN 1 dan SMAN 1 Kota Bogor yang merupakan sekolah favorit.

“Ini soal serius. Ini tentang nilai dan norma. Tidak benar cita-cita anak dilalui dengan cara seperti ini,” kata Bima.

“Ini juga soal keadilan. Yang berusaha dan berprestasi layak mendapatkan jalan. Yang suka jalan pintas harus diberikan sanksi.
Jangan sampai anak-anak lebih memilih untuk kost dekat sekolah favorit atau bergantung pada usaha orang tua daripada kerja keras belajar,” katanya.

Bima juga mengkritisi sistem zonasi PPDB online. Menurutnya, sistem ini memiliki banyak kelemahan, sehingga perlu dievaluasi.

“Sistem zonasi ini harus dievaluasi. Ketersebaran lokasi sekolah yang tidak merata juga masalah serius,” tandas Bima.

Ia meminta masyarakat melaporkan dugaan manipulasi domisili ke pos pengaduan (help desk) PPDB SMP/SMA Kota Bogor TA 2019/2020 di Sekertariat Dewan Pendidikan Kota Bogor, Jl. Julang No. 7A, Tanah Sareal, Bogor. Waktu pelayanan: Senin-Jumat pukul 09.00-15.00 WIB.

(adi/pojokbogor)