Polisi Tolak Pengajuan Izin Aksi Didepan MK Besok

Aksi massa kawal putusan MK/Foto: Rmol
Aksi massa kawal putusan MK/Foto: Rmol

POJOKSATU.id, JAKARTA- Polda Metro Jaya menolak surat pengajuan ijin aksi di depan Mahkamah Konstitusi yang diajukan salah satu kelompok ormas. Aksi tersebut rencananya akan digelar pada Kamis 27 Juni 2019.


Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, pihaknya melarang berbagai bentuk aksi yang akan dilakukan di depan MK. Alasannya, selain melanggar ketertiban juga melanggar undang- undang tentang penyampaian pendapat di muka umum.

“Ada satu kelompok yang memberitahu ke Polda Metro Jaya yaitu dari sejumlah ormas yang akan melakukan kegiatan disekitaran MK,” kata Argo di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (26/6).

Namun kata Argo, pihaknya telah mengeluarkan surat penolakan atas rencana aksi tersebut. Pasalnya, selain tidak merinci jumlah massa yang dilibatkan kemudian ketua panitia juga tidak bisa merinci siapa saja korlap aksi tersebut.


“Tentunya dari kita menyampaikan ini dari kelompok mana, ada berapa orang, kemudian kalau ada 100 orang siapa korlapnya. Dari panitia tidak bisa menyampaikan. Makanya Polda Metro tidak mengeluarkan surat izin atau Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP),” ungkap Argo.

(fir/pojoksatu)