Alami Perubahan Macet Selama Bulan Ramadan, Ini Jam Rawannya

Kemacetan di ruas jalan tol Cikampek - Jakarta (jawapos.com)
Kemacetan di ruas jalan tol Cikampek - Jakarta (jawapos.com)

POJOKSATU.id, JAKARTA- Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyebut pada bulan suci ramadan kepadatan arus lalu lintas di Ibu Kota akan berubah. Polantas mengikuti perubahan itu agar arus lalin bisa terus diatur.

“Dalam masa ramadan akan bergeser waktu dan tempatnya. Waktu kepadatan arus lantas akan bergeser yang semula pukul 05.30 WIB (daerah penyangga) sudah ada peningkatan, dan dalam kota sekitar pukul 06.00 WIB akan bergeser sekitar antara pkl 06.00 WIB (daerah penyangga) dan pukul 06.30 WIB dalam kota,” kata Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakkan Hukum Ditlantas

Perubahan ini tak lain karena waktu masuk kantor yang berubah selama bulan ramadan berdasarkan yang disampaikan pemerintah. Bukan hanya jam pergi kerja, jam pulang kerja pun juga akan berubah.

“Pulang kantor berdasarkan aturan pemerintah dipercepat pukul 15.00 WIB. Jadi, pergerakan arus lantas akan ikut bergeser dieskitar pukul 15.00-18.00 WIB,” katanya lagi.


Namun, dia minta masyarakat tak perlu khawatir karena polantas bisa mengikuti perubahan itu dengan baik. Ia menyebut polantas akan mengatur arus lalin sebaik mungkin.

“Lalulintas bersifat mobile maka petugasnya akan bergerak sesuai dengan permasalahan lantas, seperti macet, langgar dan laka. Maka petugas lantas akan mengikuti,” jelasnya.

(dhe/pojoksatu)