Pria Budha Pakai Burka dan Bra Ditangkap, Disebut Pelaku Bom Gereja

Pria pakai burqa ditangkap polisi
Pria pakai burka ditangkap polisi

POJOKSATU.id, SRI LANKA – Sebuah video yang menunjukkan pria pakai burka ditangkap oleh polisi Sri Lanka viral di media sosial. Pria itu disebut pelaku pengeboman gereja dan hotel di Sri Lanka yang menewaskan 350 orang pada 21 April 2019.

Video penangkapan pria itu beredar luas di media sosial dan WhatsApp (WA). Video itu dilengkapi keterangan menyesatkan.

Dalam video itu, personel polisi Sri Lanka mengelilingi seorang pria saat ia membuka burka. Pria itu juga terlihat mengenakan bra putih.

Pria itu berpenampilan seperti wanita muslim yang mengenakan burka.


“Seorang Budha berpakaian seperti wanita Muslim ditangkap oleh Polisi Sri Lanka. Dia adalah salah satu pelaku yang mengebom Gereja Sri Lanka,” demikian pesan yang menyertai video tersebut.

Seperti dikutip www.boomlive.in, Kamis (25/4) video itu merupakan video lama. Vidoe tersebut diambil pada tahun 2018 lalu.

Pria yang ada di dalam video itu tidak ada hubungannya dengan pengeboman gereja dan hotel di Sri Lanka.

Pemboman berantai yang dilakukan di gereja-gereja dan hotel-hotel pada hari Minggu Paskah oleh para militan Islam menewaskan lebih dari 350 orang dalam serangan teroris terburuk yang dialami negara itu.

Bom gereja di Sri Lanka. (ABC News)
Bom gereja di Sri Lanka. (Foto ABC News)

Sri Lanka mengatakan kelompok Islam Nasional Thowheed Jamath sebagai pelaku penyerangan. Awal pekan ini kelompok teror Negara Islam (ISIS) mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu.

Presiden Sri Lanka Maithripala Sirisena telah mengeluarkan pernyataan agar masyarakat tetap tenang dan mendukung pihak berwenang dalam menyelidiki kasus ini.

Di Twitter, Menteri Keuangan Mangala Samaraweera mengatakan serangan itu merupakan upaya terkoordinasi untuk membunuh, melakukan kekacauan dan tindakan anarkis dan mengakibatkan jatuhnya korban banyak orang tak berdosa.

Berikut ini video seorang pria mengenakan burka dan bra ditangkap polisi Sri Lanka:

(one/pojoksatu)