Dari Erdogan sampai Mahathir Sudah Ucapkan Selamat untuk Jokowi

Jokowi, KH Ma'ruf Amin dan Koalisi Indonesia Kerja memberikan keterangan pers usai menggelar pertemuan tertutup di kawasan Menteng, Jakarta, Kamis (18/4/2019), jokowi-maruf
Jokowi, KH Ma'ruf Amin dan Koalisi Indonesia Kerja memberikan keterangan pers usai menggelar pertemuan tertutup di kawasan Menteng, Jakarta, Kamis (18/4/2019)

POJOKSATU.id, JAKARTA – Sederet pemimpin dunia sudah memberikan ucapan selamat kepada Joko Widodo (Jokowi).


Ucapana itu disampaikan atas suksesnya penyelenggaraan Pemilu dan Pilpres pada 17 April 2019 kemarin.

Demikian disampaikan Jokowi usai menggelar pertemuan tertutup bersama KH Ma’ruf Amin dengan seluruh pimpinan Koalisi Indonesia Kerja di Restoran Pelataran, Menteng, Jakarta, Kamis (18/4).

BACA: Sujud Syukur Berjamaah di Monas Belum Dapat Izin Polisi


Setelah pertemuan, Jokowi didampingi Maruf Amin memberikan keterangan pers kepada awak media.

“Kita telah menerima telepon dari Perdana Menteri Malaysia Tun Mahathir Mohamad, Perdana Menteri Singapura Lee Hsin Loong, dan Presiden Turki,” kata Jokowi di hadapan wartawan.

Ucapan selamat itu, lanjutnya, bukan hanya ditujukan kepada dirinya saja, melainkan kepada seluruh masyarakat Indonesia.

BACA: Pendukung Prabowo-Sandi Sujud Syukur Berjamaah, Begini Respon Ma’ruf Amin

“Mereka memberikan ucapan selamat atas suksesnya pesta demokrasi besar di negara kita,”

“Dan mengucapkan selamat kepada seluruh masyarakat Indonesia, dan juga kepada Jokowi-KH Maruf Amin atas keberhasilan Pemilu 17 April kemarin,” imbuhnya.

Terkait hasil quick count yang memenangkan Jokowi-Ma’ruf, capres nomor urut 01 itu mengaku sempat belum yakin dengan hal tersebut.

BACA: Prabowo Deklarasi Kemenangan, Kejelian Warganet Ungkap Kejanggalan di Wajah Sandiaga Uno

Sebab, kemarin, saat memberikan keterngan pers, data sampel yang masuk belum mencapai 70 persen.

“Hari ini sudah 100 persen, kami menyampaikan dari 12 lembaga survei menyatakan Jokowi-Kyai Maruf Amin mendapatkan persentase 54,5 persen dan Prabowo-Sandi mendapatkan persentase 45,5 persen,” tegasnya.

Jokowi mengaku yakin dengan hasil survei tersebut. Menurutnya, quick count adalah penghitungan yang ilmiah.

BACA: Jokowi Kirim Utusan, Begini Tanggapan Prabowo

Terlebih, dari pengalaman-pengalaman yang ada, hasil hitung cepat tidak jauh berbeda dengan hasil resmi yang nanti dirilis KPU.

“Akurasinya 99 persen hampir sama dengan penghitungan KPU. Namun demikian, kita harus tetap sabar, sabar menunggu hasil penghitungan resmi dari KPU,” pungkasnya.

Turut hadir mendampingi Jokowi dalam jumpa pers ini antara lain cawapres KH Maruf Amin, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar.

BACA: Ini Alasan Prabowo Deklarasi Menang Mendahului KPU

Lalu Ketum PKPI Diaz Hendropriyono, Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum Nasdem Surya Paloh, Ketum PSI Grace Natalie, dan Ketum PPP Suharso Monoarfa.

Di sisi lain, Prabowo Subianto malah mendeklarasikan kemenangan Prabowo-Sandi mendahului hasil penghitungan KPU.

Deklasi kemenangan itu disampaikan Prabowo didampingi Sandiaga Uno di hadapan para pendukung dan simpatisannya di Jalan Kertanegara IV, Kebayoran Baru, Jakarta, Kamis (18/4/2019).

BACA: Prabowo Klaim Kemenangan Lagi: Seperti Dikatakan oleh Pak Jokowi

Tampak dalam deklarasi kedua kemenangannya itu, sejumlah pejabat tinggi parpol koalisi dan pejabat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi.

“Pada hari ini saya Prabowo Subianto dan saudara Sandiaga Uno mendeklarasikan kemenangan sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024,” ujar Prabowo.

Prabowo menyebut keunggulan pihaknya berdasarkan laporan real count dan rekapitulasi formulir C1 adalah 62 persen di atas petahana.

BACA: Deklarasi Kemenangan dengan Sandiaga Uno, Prabowo: Perjuangan Panjang Kita Telah Berhasil

Deklarasi kemenangan ini diakui Prabowo sebagai respon atas dugaan adanya kecurangan dalam proses Pemilu kali ini.

“Kita sudah punya bukti-bukti adanya usaha dengan berbagai kecurangan mulai dari berbagai tingkatan,” kata Prabowo.

Hasil quick count 12 lembaga survei, Klik di sini

(jpg/ruh/pojoksatu)