Mimpi Jokowi Terwujud, Punya Pasar Ikan seperti Jepang

Presiden Jokowi meresmikan Pasar Ikan Modern di Muara Baru, Jakarta Utara, Rabu (13/3/2019)
Presiden Jokowi meresmikan Pasar Ikan Modern di Muara Baru, Jakarta Utara, Rabu (13/3/2019)

POJOKSATU.id, JAKARTA – Setelah dua setengah tahun, mimpi Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar Indonesia memiliki pasar ikan modern seperti Tsukiji, Jepang, akhirnya terwujud, Rabu (13/3/2019) malam.


Mantan Gubernur DKI Jakarta itu akhirnya meresmikan Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru, Jakarta Utara yang dibangun di atas lahan sekitar 4,15 hektare dengan anggaran sebesar Rp150,69 miliar.

Jokowi menyatakan, semula ia menginstruksikan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti untuk membangun sebuah pasar ikan modern, pada Juli 2016 lalu.

Saat itu, ia meminta dibangun pasar ikan seperti pasar ikan Tsukiji di Jepang.


“Jawaban Bu Menteri, bisa. Ya cepat dikerjakan, bangun. Enggak tahu di mana, saya enggak mau tahu, tapi bangun,” katanya.

Selanjutnya, dirinya mengaku sempat menunggu pasar tersebut jadi namun tak ada kabar.

“Ternyata alhamdulillah pada malam hari ini kita telah memiliki pasar ikan modern PIM di Muara Baru Jakarta,” katanya.

Menurutnya, keberadaan pasar ikan modern itu bisa membalikkan persepsi masyarakat tentang pasar ikan sebelumnya, yaitu kotor, becek, bau, dan tidak nyaman.

“Kalau dari luar ini kelihatannya, dan ini masih baru, mestinya bersih, nyaman, dan tidak kalah dengan tempat-tempat belanja di mal-mal,” lanjutnya.

Selain bersih dan nyaman, pasar ikan modern ini juga memiliki fasilitas yang lengkap, yakni 896 unit lapak untuk menjual ikan segar, 155 unit kios maritim, dan 8 unit food court.

Selain itu terdapat juga 2 unit ice flake machine kapasitas 10 ton, area pemasaran retail, laboratorium, chilling room kapasitas 30 ton, area bongkar muat, pengepakan, depot es dan garam, serta instalasi pengolahan air limbah (IPAL).

Karena itu, ia meminta agar penggunaan bangunan yang sudah sangat modern ini disertai dengan pola kerja baru dan kebiasaan baru yang lebih baik.

Selain itu, ia juga meminta kualitas ikan jaga agar tetap segar.

“Dan mari kita jaga bersama-sama kebersihan, kenyamanan, dan keamanan dari pasar ikan modern di Muara Baru ini,” pintanya.

Ke depan, ia berharap pasar tersebut bisa menjadi contoh bagi pembangunan pasar ikan lainnya di semua provinsi di seluruh Indonesia.

Demikian juga dengan fasilitas pendukung di dalamnya seperti food court, cold storage, hingga sanitasinya.

“Ini standar yang memang kita ambil standar internasional. Tapi yang paling penting memang mengubah budaya,” pungkasnya.

(ruh/pojoksatu)