Ungkapan Duka Pacar Serda Yusdin, Korban Penembakan KKSB: Kau Bilang Mau Pergi Cuma 10 Hari

Pacar Serda Yusdin, Atik Candrawaty.
Pacar Serda Yusdin, Atik Candrawaty. ft/facebook

POJOKSATU.id, PAPUA – Serda Yusdin merupakan satu dari tiga anggota TNI yang tewas setelah terlibat baku tembak dengan Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) Papua, Kamis (7/3/2019) siang. Meninggalnya Yusdin dalam tugas, menyisakan duka mendalam bagi kerabat dan keluarga.


Salah satunya adalah Atik Candrawaty yang diketahui adalah pacar Yusdin. Melalui akun facebooknya, Atik mengungkap perasaan duka mendalam atas kepergian sang kekasih untuk selamanya.

BACA JUGA: Baku Tembak dengan KKSB di Nduga, 3 Anggota TNI Tewas

“Yang saya tau ko blg kau tugas kau pergi cuman 10 hari ????? atik syang sekali yusdin dan yusdin tau itu?? SeTan MerAh Asia,” tulis Atik di akun facebooknya.

Terbaru, Atik mengunggah foto dirinya bersama Yusdin dengan pose kekasihnya itu tengah bersandar di pundaknya. “Bobo yang tenang sayang, bahuku selalu menopangmu,” caption foto tersebut.


Pacar Serda Yusdin, Atik Candrawaty. ft/facebook Atik

Serda Yusdin, 23 tahun, diketahui merupakan warga Desa Pongko, Kecamatan Walenrang Utara, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.

Sulung dari lima bersaudara, putra pasangan Sanatan dan Erni itu, baru sekitar sepekan berangkat ke Papua, tergabung bersama Tim Satgas Nanggala 19.

BACA JUGA: Jokowi Naik KRL, Netizen: Siapa yang Ngasih Tau Presiden Kalau Itu Spot Terbaik buat Cowok?

“Baru-baru ke Papua itu pak, mungkin baru satu minggu. Tiba-tiba hari ini kami dapat kabar kalau dia tewas tertembak,” kata Immang, paman Yusdin kepada Pojoksatu.id, Kamis (7/3/2019).

Menurut Immang, informasi yang mereka terima, jenazah Yusdin akan diberangkatkan dari Papua, Jumat (8/3/2019) besok pukul 12.00 waktu setempat.

Serda Yusdin, anggota TNI yang jadi korban baku tembak dengan KKSB di Nduga, Papua. (ft/ist)
Serda Yusdin, anggota TNI yang jadi korban baku tembak dengan KKSB di Nduga, Papua. (ft/ist)

Diterbangkan dari Papua langsung menuju Makassar. Kemudian ke kampung halamannya di Luwu untuk dimakamkan melalui jalur darat.

Diberitakan sebelumnya, tiga anggota TNI yang tengah bertugas di Papua tewas setelah baku tembak dengan Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) Nduga, Kamis (7/3/2019) siang.

Ketiga anggota TNI yang tewas dalam penunggasan di Papua itu dalah Serda Mirwariyadin (26 tahun) jabatan Babakduk Unit 1/2/2/14, Serda Yusdin (23) jabatan Barintis Unit 3/2/3/14 dan Serda Siswanto Bayu Aji (25) jabatan Bakes Den 1/14.

BACA JUGA: Besok, Massa PA 212 Bakal Kepung DPRD DKI Jakarta, Ini Tujuannya

Informasi yang diperoleh Pojoksatu.id, baku tembak terjadi di Distrik Mugi, Kabupaten Nduga, Papua pada pukul 12.20 WIT.

Kabar itu pertama kali disampaikan petugas piket Hub Makodim 1702/JWY, Distrik Wamena, Kabupaten Jayawijaya, yang mendapat informasi dari Pos Distrik Mbua (Bravo 3) yang terhubung dengan Pos Yigi (Bravo 4) terkait adanya kontak tembak antara Tim Satgas Nanggala 19 dengan pok KKSB Nduga.

Satu unit Tim Satgas Nanggala itu dikepung oleh 50-an anggota KKSB, hingga menyebabkan tiga personil dari Satgas Nanggala gugur dalam insiden baku tembak pada titik CO. 0330-3181.

Kabarnya, dari kubu KKSB, ada 10 anggotanya yang tewas dalam insiden tersebut. Namun jasad mereka dibawa kabur oleh anggota kelompok yang lainnya.

(fat/pojoksatu)