Jelang Debat Pilpres 2019, Posisi Jokowi-Amin tak Menguntungkan

Jokowi-Ma'ruf Amin dalam Debat Pilpres 2019 putaran pertama, ma'ruf amin
Jokowi-Ma'ruf Amin dalam Debat Pilpres 2019 putaran pertama.

POJOKSATU.id, JAKARTA – Debat Pilpres 2019 edisi kedua yang akan digelar pada 17 Februari mendatang, bisa jadi menempatkan Jokowi-Amin Ma’ruf dalam posisi yang tak diuntungkan.


Di sisi lain, pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno diyakini bakal tampil all out menyerang dan membuat pasangan nomor urut 01 itu bak samsak tinju.

Hal itu diakui anggota Tim Kampanye Pemenangan Nasional (TKN) Jokowi-Maaruf, Taufik Basari dalam diskusi yang diselenggarakan oleh KedaiKOPI di kawasan Jalan Juanda, Rabu (13/2).

BACA: Gak Sudi Ahok Gabung TKN Jokowi-Amin, PPP Anggap JK Lebay


Menurutnya, pasanan capres-cawapres petahana itu seakan menjadi objek yang akan dikritisi dalam Debat Pilpres 2019 edisi kedua yang mengusung tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam dan lingkungan hidup.

“(Jokowi) dalam posisi dikritik dan diserang dan sebagai pihak yang menjadi obyek,” ujarnya.

hasil survei pilpres, lsi denny ja, pilpres 2019
Jokowi-Ma’ruf Amin di panggung debat capres-cawapres Pilpres 2019 perdana di Hotel Bidakara, Kamis (17/1/2019)

Kondisi berbeda 180 derajat, diyakininya bakal dialami pasangan nomor urut 02 yang notabene adalah pasangan capres-cawapres yang datang sebagai penantang.

Capres-cawapres yang diusung koalisi oposisi itu, kata Taufik, juga tak bisa dikritik. Lantasan keduanya memang tidak memiliki rekam jejak dalam posisi pemeritahan.

BACA: Pengakuan Subkhan Curhat ke Sandiaga Uno, “Saya Tidak Mendukung Salah Satu Capres-Cawapres”

“Di sisi pertahana sendiri agak sulit untuk melakukan kritik terhadap subyek penantang karena belum pernah memerintah. Sehingga rekam jejak apakah sudah berhasil apa belum tidak ada recordnya,” katanya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Fadli Zon mengungkap, capres-cawapres jagoannya sudah menyiapkan ‘senjata’ rahasia untuk Debat Pilpres 2019 putaran kedua.