Vihara Samudra Bhakti Terbakar, Saat Ratusan Jemaah Tengah Ibadah Imlek

Vihara Samudra Budhi, vihara terbakar
Vihara Samudra Budhi terbakar, Selasa (5/2) (Siti Fatonah/JawaPos.com)

POJOKSATU.ID, BANDUNG – Kebakaran terjadi saat ratusan jamaah tengah beribadah merayakan tahun baru Imlek di Vihara Samudra Bhakti Terbakar, Bandung, Selasa (5/2/2019). Sontak mereka berhamburan keluar vihara, beruntung api bisa segera dipadamkan.


Salah satu jamaah Vihara Samudra Bhakti Bandung, Udin mengaku keakaran terjadi saat dirinya tengah melakukan ibadah.

BACA JUGA: ‘Doa Saja Direvisi, Apalagi Kebijakan’

Awalnya semua berjalan lancar dan tenang saat melakukan ibadah. Namun ketika hendak selesai ada letupan dan asap tebal dari salah satu area yakni penyimpanan lilin yang sedang menyala.

“Saya keluar, api sudah ada ini dari lilin kan, karena ada bahan minyak. Saya posisinya sudah mau keluar dan bareng dengan Kapolda Jabar eh ada asap hitam di atas. Wah ada apa ini ternyata ada api dan saya keluar asap hitam, ngebul,” kata Udin di lokasi kejadian, Selasa (5/2/2019).


Menurutnya api langsung dipadamkan oleh petugas Vihara. Api sempat menyengecil namun kembali membesar dan semua jamaah diinstruksikan untuk keluar oleh pihak keamanan.

“Ada banyak jamaah, sekitar ratusan tengah beribadah. Semua disuruh keluar. Awalnya ribut-ribut dikira sabotase. Ternyata kebakaran kami ikuti instruksi untuk keluar,” ujarnya.

BACA JUGA: Perayaan Imlek Nasional Selalu Dihadiri Presiden, tapi Tidak di Era Jokowi

Ia menambahkan, padahal setiap tahunnya tidak pernah terjadi seperti ini. Karena Vihara Samudra Bhakti ini terbilang terbesar dan sudah sekitar 130 tahun berdiri.

Sebelumnya, Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Agung Bhakti Maryoto mengatakan dirinya menyaksiakan kebakaran tersebut. Karena saat kebakaran yang terjadi sekitar pukul 10.30 WIB ini para aparat tengah mengecek kemananan di Vihara Samudra Bhakti.

“Saya tahu dari awal. Tapi dugaan sementara dari lelehan lilin yang dibakar,” pungkasnya.

(jpg/fat/pojoksatu)