Banyak Dicari Warganet di Google, PSI Ungkap Sikap Politiknya Ini Bikin Pengaruh

Ketua Umum PSI Grace Natalie
Ketua Umum PSI Grace Natalie

POJOKSATU.id, JAKARTA – Rasa ingin tahu masyarakat pada PSI semakin tinggi. Hal tersebut sebagaimana terekam Google Trends dalam 90 hari terakhir.


“Pencarian kata kunci PSI terlihat jelas meningkat pesat dalam dua bulan terakhir, terutama beberapa saat setelah PSI menyampaikan sikap-sikap politiknya,” ujar Jurubicara PSI bidang Teknologi Infornasi, Sigit Widodo dalam keterangan tertulisnya, Selasa (1/1).

Pencarian itu mencapai puncak saat Ketua Umum PSI, Grace Natalie menegaskan sikap mendukung pemimpin-pemimpin reformis di tingkat pusat dan daerah, mencegah penghamburan uang rakyat di DPR, dan menolak perda-perda agama yang diskriminatif pada Festival 11, di BSD City, 15 November lalu.

Tak lama setelah pidato tersebut, Google Trends mencatatkan skor 99 pada 14 November dan skor 100 pada 15 November 2018 untuk kata kunci PSI. Google Trends menghitung popularitas relatif sebagai rasio dari volume query pencarian terhadap jumlah total semua pencarian. 100 merupakan nilai maksimal untuk skala popularitas relatif ini.


“Ini angka tertinggi dalam skala Google Trends,” ujar Sigit.

Menurutnya, skala pencarian yang tinggi itu membuktikan bahwa masyarakat memiliki rasa ingin tahu yang tinggi pada PSI. Walaupun harus diakui tidak semua mencari dalam konteks yang positif.

Google Trends, menurut Sigit, sudah biasa digunakan untuk menentukan tingkat popularitas suatu brand, termasuk popularitas partai politik di dunia maya. Dia yakin popularitas dunia maya itu berbanding lurus dengan dunia nyata.

“Kalau untuk elektabilitas, biasanya dikaitkan dengan sentimen positif dan negatif di media-media sosial utama, untuk ini diperlukan aplikasi berbasis big data yang lebih kompleks. Namun untuk indikator popularitas, Google Trends sudah memadai, setidaknya untuk indikator awal,” ujar Ketua Internet Development Institute itu.

(ian/rmol/pojoksatu)