Foto Jokowi Mirip Pose SBY Terakhir di Istana, “Selamat Jalan Jokowi Pulkam”

Foto keluarga Jokowi dan keluarga SBY di Istana
Foto keluarga Jokowi dan keluarga SBY di Istana. (Repro/@marierteman)

POJOKSATU.id, JAKARTA – Foto Presiden Jokowi bersama keluarganya menyita perhatian warganet. Foto itu memperlihatkan Jokowi menghabiskan akhir pekan pada Sabtu (8/12) pekan lalu dengan jalan-jalan di Kebun Raya Bogor bersama istri, anak, menantu, serta kedua cucunya.

Dalam foto itu, Jokowi bersama keluarga tampak kompak mengenakan celana training, kaos olahraga dan sepatu kets.

Jokowi terlihat menggandeng cucu pertamanya Jan Ethes berjalan di barisan depan diiringi di belakang: Gibran Rakabuming, Selvi Ananda, Iriana Jokowi, Kahiyang Ayu, dan Bobby Nasution sambil menggendong Sedah Mirah.

Foto Jokowi itu jadi sorotan lantaran dibanding-bandingkan dengan foto Susilo Bambang Yudhyono (SBY) jelang detik-etik meninggalkan Istana.


Orang pertama yang membandingkan foto keluarga Jokowi dan SBY itu adalah mantan Kepala Staf Umum TNI, Johannes Suryo Prabowo. Dia dikenal sebagai pendukung capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Di akun twitter miliknya, @marierteman, Suryo Prabowo memunculkan sejumlah pertanyaan usai membandingkan pose foto keluarga Jokowi dengan pose foto keluarga SBY.

Dalam foto itu, SBY nampak berjalan bersama Ani Yudhoyono, Agus Harimurti dan Edhie Baskoro dengan ditemani istrinya masing-masing, Anisa Pohan dan Siti Ruby Aliyah. Dua cucu SBY ketika itu, Almira Tungga Dewi dan Airlangga Satriadi, melengkapi pose dalam foto tersebut.

“Kode keras. Pose foto keluarga Presiden SBY saat ‘terakhir’ di Istana, kok mirip dengan pose keluarga Presiden Jokowi? Apakah memang pose seperti ini lazim untuk foto perpisahan?” kicau JS Prabowo.

Tak butuh waktu lama kicauan JS Prabowo disambar komentar. Ada yang mengamini ada juga yang malah membully-nya. Paling banyak membully.

Yang mendukung seperti diutarakan @MochatmaW. Dia menulis, “Selamat tinggal istana, selamat jalan Jokowi pulkam.” “Semoga.. btw lebih suka yang atas sih, berwibawa dan kelihatan bgt karisma sebagai keluarga presidennya,” @mahdaslht menambahkan. Foto di atas yang dimaksud adalah foto SBY bersama keluarga.

“Mungkin besok-besok sudah tidak memiliki kesempatan lagi menikmati suasana Istana,” tulis Muhammad Zein di @mzein_limasha menjawab JS Prabowo.

Bagi para pendukung Jokowi, kicauan JS Prabowo justru membuat mereka tambah yakin para pendukung Prabowo tidak beres.

Pemilik nama Puspita_bawole_stt menulis, “Saya suka sama pendukungnya Pak Prabowo banyak yang jadi dukun, jadi tuhan, jadi ilmuwan cocoklogi. Kalian ruarrrbiayaasaaahh.”

Akun @AfatMuzhtazi menyebut foto Jokowi tidak bisa disebut foto perpisahan. Malah menurutnya, foto itu menjadi kode keras Jokowi bakal kembali terpilih menjadi presiden lantaran Kaesang Pangarep tidak ada dalam foto.

Bully bahkan ditujukkan kepada capres Prabowo Subianto yang merupakan teman JS Prabowo ketika di Kopassus.

“Kode keras ini.. berarti yg gk punya keluarga kyk 2 foto ini gk bakal bs jd presiden..” jawab akun @ArientokoHaryo. “Tantang @MataNajwa hadirkan keluarga Prabowo..gimana?” timpal @Syarman59.

(dem/rmo/pojoksatu)