Gandeng Telkom, Perum Damri Luncurkan Layanan E-Ticketing Menuju Bandara Soekarno–Hatta

Direktur Enterprise and Business Service Telkom Dian Rachmawan (kedua dari kiri) bersama Direktur Utama Perum Damri Setia N. Milatia Moemin (tengah), Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan Bambang Prihartono (kedua dari kanan), Executive Vice President Retail Payment BRI Arif Wicaksono (paling kiri) dan VP Divisi Hubungan Kelembagaan BNI Muin Fikri (paling kanan) saat launching E-Ticketing Damri Rute Bandar Udara Internasional Soekarno - Hatta di Pool Damri Kemayoran, Jakarta, Kamis (22/11). (FOTO : PT Telkom Indonesia)
Direktur Enterprise and Business Service Telkom Dian Rachmawan (kedua dari kiri) bersama Direktur Utama Perum Damri Setia N. Milatia Moemin (tengah), Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan Bambang Prihartono (kedua dari kanan), Executive Vice President Retail Payment BRI Arif Wicaksono (paling kiri) dan VP Divisi Hubungan Kelembagaan BNI Muin Fikri (paling kanan) saat launching E-Ticketing Damri Rute Bandar Udara Internasional Soekarno - Hatta di Pool Damri Kemayoran, Jakarta, Kamis (22/11). (FOTO : PT Telkom Indonesia)

POJOKSATU.id, Jakarta – Dalam rangka melaksanakan transformasi digital guna memberikan pelayanan yang berkualitas prima dan berorientasi kepada pelanggan, Perum Damri bekerja sama dengan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) meluncurkan E-Ticketing Damri Rute Bandar Udara Internasional Soekarno – Hatta di Pool Damri Kemayoran, Jakarta, Kamis (22/11).


Peluncuran E-Ticketing dilaksanakan oleh Direktur Utama Perum Damri Setia N. Milatia Moemin dan Direktur Enterprise and Business Service Telkom Dian Rachmawan sebagai tindak lanjut dari penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) perihal Layanan E-Ticketing Damri Pada Angkutan Bandara yang dilaksanakan oleh Telkom dan Perum Damri pada Juli lalu.

Direktur Utama Perum Damri Setia N. Milatia Moemin mengatakan bahwa sistem tiket elektronik ini bertujuan agar pelanggan semakin mudah memperoleh tiket Bus Damri, di sisi lain juga dapat meningkatkan kinerja perusahaan.

“Kami berharap agar masyarakat dapat mendukung sepenuhnya sistem tiket elektronik ini. Implementasi sistem tiket elektronik ini dilaksanakan secara bertahap dan dimulai dari layanan angkutan bandara Soekarno – Hatta (Soetta) untuk titik pemberangkatan dari Kemayoran, Bekasi, Rawamangun, dan Mangga Dua. Pada akhirnya, seluruh rute bandara nanti akan menerapkan sistem E-ticketing,” tambah Setia.


Sementara itu, Direktur Enterprise & Business Service Telkom Dian Rachmawan menyampaikan, sebagai BUMN di sektor telekomunikasi digital, TelkomGroup menyediakan infrastruktur IT dalam pengembangan sistem e-ticketing ini.

“TelkomGroup mengembangkan mobile apps, web reservation, backend system, bus validator, online payment, serta payment aggregator kartu prepaid untuk menunjang operasional E-ticketing Damri. Untuk mendapatkan ticket prepaid, pengguna dapat membayar dengan uang elektronik berbagai bank, uang elektronik T-money atau menggunakan channel pembayaran internet payment gateway (IPG) seperti TCASH,” jelas Dian.

Adapun pemanfaatan teknologi e-ticketing meliputi ticketing system (schedule management, fare management, passenger management, booking management, ticketing with barcode, revenue accounting and reporting), validation system (mobile validator), serta payment system (integrated to ticketing system, dan integrated gateway system).