1,5 Ton Rendang untuk Palu dan Uang Rp1 Miliar Mendarat di Sulteng

Kondisi di salah satu sudut Perumnas Balaroa, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu, Sulawesi Tengah. Foto: Fajar
Kondisi di salah satu sudut Perumnas Balaroa, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu, Sulawesi Tengah. Foto: Fajar

POJOKSATU.id, JAKARTA- Jika tidak ada aral melintang, Jumat (5/10) pagi atau paling lambat Sabtu, bantuan makanan rendang untuk Palu dari Sumatera Barat ini akan tiba di wilayah gempa, Sulawesi Tengah.


Dari Jakarta, makanan khas warga Padang ini akan diterbangkan menggunakan pesawat Hercules milik TNI Angkatan Udara RI.

“Paling lambat sampai Sabtu tiba di Palu,” ungkap Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumatera Barat (Sumbar) Rumainur, Kamis (4/10) sore.

Dia mengatakan, ia bersama 6 petugas lainnya yang diutus Pemprov untuk mengantarkan rendang tersebut sudah berada di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Kamis (4/10) sore.


“Ya, saya sedang urus cargo di Halim,” jawab Rumainur saat dihubungi JawaPos.com (Group Pojoksatu), Kamis (4/10).

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) berhasil menghimpun bantuan rendang untuk korban bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Selain rendang sebanyak 1,5 ton, Pemprov juga menyediakan donasi uang Rp 1 miliar.

Perinciannya, Rp 500 miliar dari Pemprov dan Rp 500 miliar bersumber dari Baznas Sumbar. Rendang tersebut sudah diterbangkan dari Ranah Minang ke Jakarta, Kamis (4/10) sekitar pukul 12.30 WIB.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit menjelaskan, pemilihan rendang untuk bantuan korban didasari karena makanan khas Ranah Minang ini bertahan bahkan lebih satu bulan. Sehingga, tersendat pun pengirimannya tetap bisa bertahan untuk dapat disantap. “Kita harap bantuan terus mengalir untuk saudara kita di Palu dan sekitarnya,” kata Nasrul.

(rcc/JPC/Pojoksatu)