Polri Tegaskan Larang Korban Gempa Jarah Barang-barang Minimarket, Kecuali…

Gempa Bumi Palu
Gempa Bumi Palu

POJOKSATU.id, JAKARTA – Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan, pihaknya memberikan toleransi terkait penjarahan makanan di sejumlah toko di Sulawesi Tengah pasca gempa dan tsunami.


“Kita berikan toleransi untuk masyarakat yang mengambil kebutuhan bahan pokok mengingat situasi yang sangat mendesak,” ungkap Setyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (1/10/2018).

Kendati demikian, kata Setyo, pihaknya akan melakukan proses hukum bilamana penjarahan itu dilakukan terhadap barang-barang yang dilarang pihak terkait.

Oleh karena itu, lanjut Setyo, pihaknya akan melakukan pengamanan ketat terhadap toko yang diduga menjadi titik kerawanan tindakan kriminal.


“Kalau itu sudah barang-barang yang lain, itu kriminal. Oleh sebab itu kami mohon dengan hormat dan sangat, ini menjadi atensi kita,” tuturnya

“Dan kami akan mengamankan, Polda Sulteng dan jajarannya akan dibantu dengan personel Polda tetangga, nanti akan dikirim dari Mabes Polri dan Polda lain, akan siap mengamankan,” jelasnya.

Untuk diketahui, sejumlah warga di Kota Palu berebut makanan di minimarket hingga pasar swalayan pascagempa dan tsunami. Mereka beralasan sulit mendapatkan makanan.

(sta/pojoksatu)