Kok cuma 9 Gubernur dan Wakilnya saja yang Dilantik Jokowi? Ada Apa Ini?

Presiden Joko Widodo melantik 9 Gubernur dan Wakilnya pemenang Pilkada Serentak 2018 di Istana Negara, Rabu (5/9/2018). Foto Setgab
Presiden Joko Widodo melantik 9 Gubernur dan Wakilnya pemenang Pilkada Serentak 2018 di Istana Negara, Rabu (5/9/2018). Foto Setgab

POJOKSATU.id, JAKARTA – Presiden Joko Widodo melantik 9 Gubernur dan Wakil Gubernur pemenang Pilkada Serentak 2019 lalu.

Proses pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan tersebut dilakukan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/9/2018).

Pelantikan tersebut didasarkan pada Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 152/p, hingga 154/p dan Keppres 156/p pertanggal 29 Agustus 2018.

Rupiah Melemah, Sandiaga Uno Kuliahi Jokowi


Kemudian Keppres dengan nomor 159/p sampai dengan Keppres nomor 162/p tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur masa jabatan 2018-2023.

Prosesi pelantikan tersebut dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo. Hadir juga Wapres Jusuf Kalla, para menteri kabinet kerja dan tamu undangan.

Para gubernur dan wagub terpilih yang dilantik adalah Nurdin Abdullah dan Sudirman Sulaiman dari Sulawesi Selatan, Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah (Sumut).

Jangan Harap ‘Gorengan’ Utang Indonesia Jatuhkan Jokowi, Gak akan Mempan

Kemudian Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum dari Jabar, Sutarmidji dan Ria Norsan (Kalbar), Ganjar Pranowo dan Taj Yasin Maimoen (Jateng), I Wayan Koster dan Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Bali).

Berikutnya Ali Mazi dan Lukman Abunawas (Sultra), Lukas Enembe dan Klemen Tinal (Papua), serta Viktor Bungtilu Lasikodat dan Josef Nae Soi dari NTT.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo sebelum acara itu mengatakan pelantikan gubernur dan wagub terpilih memang dilakukan bertahap.

Jangan Kecewa, Pemenang Pilpres 2019 itu Bukan Jokowi, Apalagi Prabowo

Saat ini baru sembilan yang klir proses administrasinya.

“Tahap pertama sembilan. Karena sembilan ini sudah selesai masa jabatannya dan tidak ada gugatan ke MK,” kata Tjahjo.