Deddy Mizwar Sengaja Menyusup Ke Jokowi-Ma’ruf Demi Demokrat Aman, Strategi SBY?

SBY dan Deddy Mizwar/Twitter.
SBY dan Deddy Mizwar

POJOKSATU.id, JAKARTA – Masuknya nama Deddy Mizwar ke lingkaran pendukung pasangan Joko Widodo – KH Ma’ruf Amin sebagai menambah daftar panjang politisi Partai Demokrat yang membelot. Yang mana sebelumnya ada Tuan Guru Bajang Zainul Majdi, dan Gubernur Jawa Timur, Soekarwo.


Direktur Ekskutif Indonesian Public Institute (IPI), Karyono Wibowo menilai kondisi tersebut bakal berpengaruh pada citra partai berlambang bintang mercy itu.

Menurut dia, ada dua kemungkinan yang menyebabkan itu terjadi. Yang pertama realitas para kader tidak serius mendukung pasangan Prabowo Subianto – Sandiaga Salahuddin Uno.

“Ini merupakan pukulan SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) dan Demokrat,” katanya saat ditemui di Kantor Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (PA GMNI), Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (29/8).


Yang kedua bisa saja skenario bahwa SBY tengah bermain “dua kaki” benar adanya. Yang mana SBY sengaja menempatkan kader-kader terbaiknya di kubu sebelah sementara partainya mengusung pasangan calon yang lain.

“Kedua ini bagian dari skenario strategi SBY yang bermain 2 kaki yang sengaja biarkan tokoh-tokoh Partai Demokrat untuk menyeberang di kubu Jokowi-Ma’ruf,” pungkasnya.

(jto/rmol/pojoksatu)