Mabes Polri Benarkan Penangkapan 13 Anggota Polres Kediri

Pungli SIM
Pungli SIM

POJOKSATU.id, JAKARTA -Mabes Polri membenarkan penangkapan 13 anggota Polres Kediri terkait kasus dugaan pungutan liar (pungli) layanan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM).


“Penanganan sedang diproses,” ucap Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Setyo Wasisto yang dikonfirmasi, Senin (19/8).

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan, 13 anggota Polres Kediri itu terjaring dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan Mabes Polri bersama Polda Jatim.

“Kami masih menunggu apakah kasus ini diserahkan ke Polda Jatim atau tidak. Saya sudah menghubungi Kabid Propam, tapi sampai sekarang belum diserahkan kasusnya kepada kami,” jelas Barung, Senin (20/8).


Barung menegaskan, pihaknya akan transparan terhadap penanganan kasus ini. Menurutnya, sudah ada enam orang saksi yang diperiksa.

“Transparansi ini bagian dari birokrasi dan clean government. Sampai sekarang kami masih menunggu. Kami akan patuh dan tunduk terhadap apa yang sudah dilakukanMabes Polri,” imbuhnya.

BACA: Pungli SIM, Kapolres Kediri Diduga Terima 200 Juta Setiap Bulan 

OTT dilakukan di Polres Kediri pada Sabtu (18/8) lalu. Dalam OTT tersebut, sebanyak 13 polisi, 3 PNS, dan 4 orang calo diamankan.

Selain itu,petugas juga mengamankan barang bukti berupa berkas pemohon SIM, rekapan pungutan di luar PNBP, uang hasil pungutan di luar PNBP sebesar Rp71 juta.

Berikut daftar nama terduga pelaku pungli SIM di Polres Kediri yang diamankan saat OTT pada Sabtu (18/8):

1. Iptu BA
2. Bripka IK
3. Aiptu YO
4. Aipda KU
5. Brigadir DF
6. Bripka AS
7. Bripda HC
8. Bripda AH
9. Bripda ZA
10. Brigadir AF
11. Brigadir PU
12. Bripksa ZA
13. Bripka CE
14. PNS AN
15. PNS HE
16. PNS SU
17. PHL BU
18. PHL TR
19. PHL DW
20. TE

(fir/one/pojoksatu)