Iwan Fals Bikin Polling Pilpres 2019, Hasilnya Bikin Pendukung Jokowi Emosi

Iwan Fals - Musisi (netralnews.com)
Iwan Fals - Musisi (netralnews.com)

POJOKSATU.id, JAKARTA – Setelah pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin dan pasangan Prabowo-Sandiaga Uno resmi mendaftar ke KPU sebagai capres dan cawapres, polling Pilpres 2019 pun bertebaran di media sosial.

Selain Indonesia Lawyers Club (ILC) TV One, musisi ternama Iwan Fals juga ikut membuat polling Pilpres 2019 di akun Twitter pribadinya yang memiliki followers 1,8 juta orang.

Iwan Fals membuat tiga pilihan, yakni JokMar (Jokowi-Ma’ruf Amin), PraSan (Prabowo-Sandiaga), dan golput alias tidak memilih keduanya. Namun pilihan untuk golput hanya diberi emoji.

Hasilnya, Prabowo-Sandiaga menang telak dengan meraih 68% persen suara. Sedangkan pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin hanya meraih 27% persen suara. Sebanyak 5% menyatakan tidak memilih keduanya.


Total netter yang berpartisipasi dalam polling Pilpres 2019 tersebut sebanyak 50.216 orang. Hasil polling ini tidak jauh berbeda dengan polling capres 2019 yang dilakukan Indonesia Lawyers Club.

Hasil polling ini membuat pendukung pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin emosi. “Bikin polling buat dukung junjungannya malah blunder mulu iwan males,” tulis seorang netter.

“Yg poling 50.216 suara, jumlah penduduk 250jt, gimana Prasan bisa menang, tp gpp deh hibur diri itu penting drpd bawa dukun ke MK lagi,” komentar yang lain.

Melihat banyaknya respon netizen terhadap polling Pilpres 2019, Iwan Fals pun berharap 1,8 juta followers-nya bisa berbuat yang bermanfaat untuk kemanusiaan.

“Sy gak tau caranya gimana ya, nanti sy tanya 3 Rambu, hanya saja sy bersyukur bahwa disini ada 1,8 jt manusia yg berkumpul, klo saja sepakat bermanfaat, banyak yg bisa kita perbuat buat kemanusiaan, diluar sini banyak yg butuh pertolongan, mungkin disini juga,” cuit Iwan Fals, Sabtu (11/8).

Namun pada cuitan berikutnya, Iwan Fals terheran-heran lantaran netizen kurang bersemangat jika diajak berbuat untuk kemanusiaan.

“Kenapa ya klo bikin poling tanggapannya cepet dan ribuan orang lagi yg ngerespon, apalagi kayak sekarang ini , tapi dimintai tanggapannya soal bikin rekening utk kemanusiaan kok agak lelet ya,” katanya.

“Hehe satu lagi yg sy bingung, katanya folowers atau pengikut, tapi kok banyak yg ngomelin sy ya, padahal sy tanya baik2, bikin poling yg baik2… isu2 sosial yg ada juga sebagian besar masih seperti di-lagu2 lama & masih edar, skrg kok sy malah pengen nyanyi ttg bunga ros ya,” pungkas Iwan Fals.

Polling Pilpres 2019

Sebelumnya, Indonesia Lawyers Club (ILC) TV One juga membuat polling capres 2019. Polling capres 2019 dibuat ILC TV One untuk warganet melalui akun Twitter @ILC_tvOnenews, Kamis (9/8/2018).

Polling menyiapkan tiga pilihan. Pertama, pasangan Jokowi-Ma’ruf Smin. Kedua, pasangan Prabowo-Sandiaga Uno. Dan ketiga, tidak memilih alias golput.

Hasilnya, pasangan Prabowo-Sandi unggul telak. Dari 110.259 pemilih, pasangan Prabowo-Sandi unggul 63% persen suara, sedangkan pasangan Jokowi-Ma’ruf hanya meraih 26%. Sebanyak 11% menyatakan tidak memilih alias golput.

(one/pojoksatu)