Ungkap Penyebab Gili Lawa Terbakar, Pria Ini Malah Disudutkan

Gili Lawa Taman Nasional Komodo terbakar
Gili Lawa Taman Nasional Komodo terbakar

POJOKSATU.id, GILI LAWA – Polisi masih menyelidiki penyebab Gili Lawa terbakar hingga menghanguskan 10 hektare rumput di kawasan Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur ( NTT).


Informasi yang beredar, kebakaran di Gili Lawa bermula saat turis dan pemandu wisata dari salah satu agent travel, hendak mengambil foto-foto di kawasan wisata tersebut pada Rabu sore (1/8/2018).

Kala itu, wisatawan dan pemandu wisata ingin mengambil foto sunset. Mereka telah merencanakan pengambilan foto dengan matang.


Wisatawan dan pemandu wisata telah menyiapkan pengambilan foto detik-detik matahari terbenam. Saat matahari mulai masuk ke peraduan, mereka menyalakan kembang api. Jadi, matahari terlihat turun dan kembang api naik.

“Banyak saksi kok yang liat. Dan mereka emang punya konsep buat foto malem sama api. Ada saksi liat mereka nyala api buat foto, tamu lain turun sunset mereka naik,” ucap warganet di salah satu grup medsos.

Tak disangka, kembang api jatuh ke padang rumput. Api menjalar dengan cepat dan menghanguskan padang savana di kawasan Taman Nasional Komodo.

Gili Lawa pasca kebakaran
Gili Lawa pasca kebakaran

Beruntung habitat satwa komodo tak terganggu. Sebab, titik kebakaran hanya wilayah Gili Lawa Darat. Tempat ini bukan habitat komodo tapi lebih dominan padang savana.

Kendati demikian, kebakaran tersebut berdampak bagi pengunjung atau wisatawan yang ingin menikmati pemandangan indah di daerah Gili Lawa.

“Ini adalah pembelajaran buat semua: Trip operator-trip leader-turis lokal atau asing, Jangan hanya karena konten, foto bagus, kalian rela mengorbankan ‘mother nature’,” tulis akun asokaremadja.

BACA: Gili Lawa Taman Nasional Komodo Terbakar, Pelaku Diduga Agent Travel

Akun ini juga membeberkan bukti-bukti keterlibatan salah satu oknum tour leader dari salah satu agnet travel. Namun dia justru disudutkan lantaran mengunggah screenshot percakapan di salah grup yang membahas kebakaran di Gili Lawa.

Pengelola Taman Nasional Komodo telah melaporkan kejadian itu ke polisi. “Kepolisian akan segera melakukan penyelidikan guna mengetahui penyebab kebakaran,” ujar Kabid Humas Polda NTT, Kombes Pol Jules Abraham Abast.

gili lawa terbakar 3

(one/pojoksatu)