Siasat Tjahjo Muluskan Perwira Polri Jadi Pj Gubernur Jabar, Ternyata Begini Caranya

mochamad iriawan
Pelantikan Mochamad Iriawan

POJOKSATU.id, BANDUNG – Mendagri Tjahjo Kumolo memang tidak melantik pejabat Polri aktif maupun TNI menjabat Pj Gubernur Jawa Barat.

Pasalnya Mantan Kapolda Metro itu sudah berada di lingkungan Lemhanas saat dilantik Pj Gubernur.

Ternyata memang upaya untuk melantik perwira polisi itu dengan mulus bisa dilakukan Tjahjo.

Penunjukan Komjen Pol Mochamad Iriawan sebagai penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat juga sesuai hasil mediasi antara Menkopolhukam dengan Kemendagri.


Menurut Tjahjo dalam forum mediasi antara Menkopolhukam dengan Kemendagri disepakati bahwa tak akan mengangkat perwira aktif di Polri dan TNI.

“Dengan Pak Iriawan sudah dimutasi dari Mabes Polri ke Lemhanas, yang struktur eselonnya sama dengan dirjen ya itu sesuai aturan, sesuai mekanisme yang ada,” ujar Tjahjo, Senin (18/6/2018).

Lebih lanjut Tjahjo menjelaskan pihaknya telah melakukan kajian pada sejumlah UU, mulai dari UU Aparatur Sipil Negara, UU Pilkada, hingga UU tentang Kepolisian, serta Permendagri tentang aturan cuti kepala daerah sebelum mengusulkan nama Pj Gubernur Jabar.

Pihaknya juga telah meminta rekomendasi dari Presiden Joko Widodo.

“Saya tidak mungkin melantik tanpa dasar hukum. Kalau melanggar saya dipecat Presiden. Dan saya juga tidak mungkin mengusulkan nama kalau itu melanggar aturan,” ujarnya.

(nes/rmol/pojoksatu)