Terduga Teroris Mau Serang Tarakan, Pelaku Keburu Ditangkap

Terduga teroris ditangkap di rumahnya
AS, terduga teroris ditangkap di rumahnya

POJOKSATU.id, TARAKAN – Sejumlah personel dari Polres Tarakan mendatangi rumah AS, terduga teroris yang menyebarkan teror melalui video di media sosial. Rumah terduga teroris yang berada di Kelurahan Karang Anyar tersebut sebelumnya telah dikepung petugas Densus 88.

Rumah terduga teroris ini digerebek setelah warga Tarakan dibuat gempar dengan beredarnya video yang menunjukkan seseorang sedang berbaiat kepada pemimpin kelompoknya yang berafiliasi dengan ISIS.

Video berdurasi 2 menit 50 detik itu viral di media sosial. Dalam video tersebut terduga jelas menyebut Tarakan, Kalimantan Utara sebagai salah satu target aksinya.

Plt Wali Kota Tarakan Khaeruddin Arief Hidayat meminta kepada warga untuk tetap tenang. Menurutnya video tersebut sengaja diciptakan untuk membuat ketakutan di tengah masyarakat.


“Video itu sudah ditelusuri. Orangnya sudah ditangkap. Kita jangan takut, karena itu tujuan mereka,” kata Arief, sapaannya Kamis (17/5) subuh.

Kepastian penangkapan terduga juga disampaikan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalimantan Utara Brigjen Pol Indrajit.

Indrajit yang diwawancara di Mapolda Kaltara mengakui jika operasi dilakukan langsung Densus Antiteror 88 di Tarakan sekitar pukul 01.00 Wita di Tarakan. Tak lama setelah video tersebut beredar di medsos.

“Terduga dalam video tersebut sudah diamankan, ditangani Densus 88,” kata Indrajit. Indrajit tak dapat merincikan operasi tersebut. Ia pun meminta beraktivitas seperti biasa. Tidak terprovokasi dengan video yang beredar.

(fij/jnr/lim/zia/prokal/pojoksatu)