Inilah Cawapres Potensial Jokowi Versi LSI Denny JA

Presiden Jokowi, fadli zon
Presiden Jokowi

POJOKSATU.id, JAKARTA – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, melakukan survei elektabilitas kandidat calon Presiden 2019. Salah satu yang disurvei yakni cawapres potensial Jokowi dan cawapres potensial Prabowo Subianto.

LSI Denny JA membagi para kandidat cawapres Jokowi dalam tiga kelompok. Pertama, dari kalangan partai. Kedua, dari kalangan militer. Ketiga, dari kalangan Islam.

Selanjutnya, para cawapres dinilai berdasarkan elektabilitas, dukungan partai, kapasitas kemampuan pemerintahan, akseptabilitas/kenyamanan, akomodasi kelompok penting, dan menambah dana kampanye.

Hasilnya, cawapres Jokowi paling potensial dari kalangan partai yakni Airlangga Hartarto berada di urutan teratas dengan mengantongi 34 poin. Disusul Budi Gunawan (32) di urutan kedua dan Puan Maharani (31) urutan ketiga.


Cawapres Jokowi dari Partai

Sementara cawapres potensial Jokowi dari kalangan militer yakni Moeldoko (34), kemudian Agus Harimurti Yudhoyono (33) dan Gatot Nurmantyo (31).

Cawapres Jokowi dari Partai

Sedangkan cawapres potensial Jokowi dari Islam yakni TGB Zainul Majdi dengan 37 poin, disusul Muhaimin Iskandar (36) dan Romahurmuziy (35).

Cawapres Jokowi dari Partai

Survei LSI Denny JA dilakukan sejak 28 April hingga 5 Mei 2018. Hasil survei dirilis di Jalan Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur, Senin (14/5).

(one/pojoksatu)