Strategi Kerjasama, Aher Ajak Mitra Luar Negeri Ngopi Bareng

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengajak delegasi mitra luar negeri Pemprov Jabar ngopi bareng di lounge Gesa Kopi yang ada di Aula Timur Gedung Sate. (FOTO : Humas Pemprov Jabar)
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengajak delegasi mitra luar negeri Pemprov Jabar ngopi bareng di lounge Gesa Kopi yang ada di Aula Timur Gedung Sate. (FOTO : Humas Pemprov Jabar)

POJOKSATU.id, Bandung – Masih dalam rangkaian West Java Coffee and Art, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengajak delegasi mitra luar negeri Pemprov Jabar ngopi bareng di lounge Gesa Kopi yang ada di Aula Timur Gedung Sate.

Momen langka ini terjadi usai jamuan makan malam Aher bersama Duta Besar Negara Sahabat dan Mitra Sister Province di Aula Barat Gedung Sate, Jl. Diponegoro No. 22, Kota Bandung, Jumat malam (11/5/18).

Secara spontan, Aher mengajak para tamu kehormatannya tersebut. Tamu yang hadir, diantaranya Yang Mulia Duta Besar (Dubes) Aljazair Untuk Indonesia, Dubes Republik Islam Sudan, Dubes Relation Federation, Dubes Belgia, Kepala Bidang Politik Kedutaan Besar Korea, Sekretaris Pertama Bidang Politik Kedubes Australia, dan Penasehat Bidang Ekonomi Kedubes Maroko.

Mereka tampak antusias dan menikmati berbagai jenis olahan kopi cita rasa khas Jawa Barat digerai kopi tersebut.


Para delegasi ini adalah perwakilan dari negara-negara yang memiliki hubungan kerjasama dan relasi yang erat dengan Pemprov Jabar.

Pemerintah Provinsi Jabar telah menjalin kerjasama dengan 14 Provinsi di dunia atau yang lebih dikenal sebagai sister province.

Kerjasama dilakukan di berbagai bidang, seperti pendidikan, pertanian, kesehatan, pariwisata, seni dan budaya, hingga alih teknologi.

Aher mengatakan pihaknya rajin menjalin kerjasama tiga tahun terakhir ini.

“Kami menjalin hubungan dengan provinsi lain di berbagai negara, seperti kerjasama sister province,” kata Aher.

Aher ingin, memasuki masa pensiun dari jabatannya sebagai gubernur ada bekas positif yang ditinggalkan untuk masyarakat Jabar.

Ada sejumlah kemajuan sepanjang dirinya menjabat orang nomor satu di Jawa Barat selama dua periode.

“Pendidikan lebih maju, kesehatan lebih baik, penyediaan air bersih bagi rakyat Jawa Barat lebih bagus, perekonomian juga lebih bagus. Begitu juga infrastruktur,” ujarnya.

Tercatat, di Timur Tengah, Jabar menjalin hubungan komunikasi dengan Maroko, Sudan, Aljazair, dan sebentar lagi akan dijajaki kerjasama dengan Tunisia. Terjalin hubungan juga dengan Australia Selatan.

Kemudian di Eropa, Jabar menjalin hubungan dengan Belgia, Rusia, Swedia, serta di kawasan Asia Timur dengan China, Jepang, dan Korea Selatan.