Ini Dia Gerakan Literasi Keren Ala Cinambo

Camat Cinambo Dadang Iradi dalam Bandung Menjawab di Media Lounge Balai Kota Bandung, Selasa (24/4/2018). (FOTO : Humas Pemkot Bandung)
Camat Cinambo Dadang Iradi dalam Bandung Menjawab di Media Lounge Balai Kota Bandung, Selasa (24/4/2018). (FOTO : Humas Pemkot Bandung)

POJOKSATU.id, Bandung – Kecamatan Cinambo punya terobosan jitu untuk menghidupkan semangat literasi di wilayahnya. Salah satunya yaitu dengan program Gerakan Minggu Membaca (Gemma).


Rencananya program ini akan diluncurkan di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Sukamulya Cerdas, Kec. Cinambo pada 6 Mei mendatang.

Menurut Camat Cinambo, Dadang Iradi mengungkapkan, Gemma merupakan inisiasi Kecamatan Cinambo untuk meningkatkan pelayanan di bidang pendidikan.

Gerakan ini tidak hanya mengajak orang untuk membaca buku di hari Minggu, tetapi juga menjadi bagian dari program Kampung Literasi lainnya.


“Gemma ini tidak sekadar melibatkan orang dan aktivitas membaca tetapi juga masuk ke konsep kampung literasi. Di kampung literasi ada budaya, ekonomi, TI (Teknologi Informasi), dan membaca. Jadi literasi zaman now tidak lagi hanya sekadar mengajak, mungkin bosan kalau anak kita disuruh membaca, tapi harus ada media lain,” ujar Dadang dalam Bandung Menjawab di Media Lounge Balai Kota Bandung, Selasa (24/4/2018).

Konsep Kampung Literasi yang ingin dikembangkan yakni menyediakan fasilitas sebaik-baiknya untuk menumbuhkan kesadaran dan keinginan membaca masyarakat, baik kalangan muda maupun tua.

Menurut Dadang, membaca bukan hanya tugas anak-anak usia sekolah atau pemuda saja tetapi juga seluruh elemen masyarakat.

Oleh karena itu, untuk mendukung Gemma, Kecamatan Cinambo juga menggagas Library Box di titik-titik keramaian, seperti pangkalan ojeg, kantor RW, kantor kelurahan, hingga Puskesmas dan posyandu.

Buku-buku yang ditempatkan di Library Box didapatkan dari donasi masyarakat sendiri.

“Kami akan adakan program One Family One Book. Setiap keluarga diminta menyumbangkan minimal satu buku, buku apa saja. Kita nanti siapkan box-box untuk ditempatkan di Puskesmas dan lain-lain. Buku menjadi nomor satu yang kita akan upayakan koleksi dan kuantitasnya,” jelasnya.

Tak hanya itu, Gemma juga akan didukung oleh Gerakan Mematikan (Gematik) 18-20.

Gematik adalah imbauan kepada warga Cinambo untuk mematikan gawai dan televisi pada pukul 18.00-20.00 WIB.

Waktu tersebut dianjurkan untuk kegiatan bersama keluarga dengan makan malam bersama, belajar, dan juga membaca.

“Sekurang-kurangnya, salat maghrib bersama, kumpul bersama keluarga, dan membaca. Membaca itu setiap hari, bukan hanya setiap hari Minggu. Itu yang sedang kita upayakan,” katanya.