Rochana Sulistyaningrum, Polwan Viral Pandai Menyamar Ini Beberkan Kisahnya Bongkar Prostitusi

polwan
Komisaris Polisi Rochana Sulistyaningrum (kiri)/Foto: Instagram.

POJOKSATU.id, JAKARTA – Menjadi polisi atau polwan bagi sosok perempuan satu ini adalah panggilan jiwa. Banyak sekali kebermanfaatan yang bisa diberikannya dengan kepada masyarakat luas, termasuk untuk negeri ini.

Adalah Ajun Komisaris Polisi Rochana Sulistyaningrum (50), sosok polwan tersebut. Ia sempat viral pada akhir 2017 lalu, tepatnya pada bulan September.

Saat itu ia diberitakan di berbagai media karena berhasil mengungkap kasus prostitusi pada akhir Agustus 2017 di wilayahnya. Pada saat itu posisinya menjadi Kapolsek Wedarijaksa, Kabupaten Pati.

Bertugas sebagai pelindung dan pengayom masyarakat, ia dikenal sebagai sosok polwan yang tegas dan tidak kompromi terhadap suap.


Selama 3,5 tahun menjadi Kapolsek Wedarijaksa, pengalamannya yang tidak terlupakan adalah saat menyamar menjadi psk bersama bawahannya, Bripda Mira Indah Cahyani (21)

Kemudian, pada bulan Okotober, tepatnya tanggal 17/10/2017 lalu ia dipromosikan naik jabatan menjadi Kapolsek Gajahmungkur di Semarang.

Selain itu, pangkatnya naik menjadi komisaris polisi. Promosi ini merupakan bentuk apresiasi dari pimpinan kepolisian. Dua hari kemudian (19/10/2017), ia pun melakukan serah terima jabatan di Mapolsek.

Rupanya bukan hanya prestasi kenaikan pangkat saja. Sebab ternyata pada 2015 polwan yang biasa disapa Sulis ini pernah mendapatkan reward dari kapolres, serta menduduki level pertama di wilayah resortnya. Kemudian, tahun 2016 kembali mendapat peringkat pertama, serta pada Oktober 2017 mendapatkan peringkat tertinggi serta reward.

Penantian panjang ?

A post shared by Rochana Sulis (@rochanasulis) on

Pandai menyamar

Rochana Sulistyaningrum, selain terkenal tegas dan tidak kompromi terhadap suap, ia pun terkenal pandai menyamar. Sudah banyak kasus yang diberhasil diungkapnya dengan melakukan penyamaran. Hanya saja, yang menjadi viral di kalangan publik adalah kasus prostitusi ini.

Sulis selalu tertarik untuk mengungkap berbagai kasus judi, minuman keras, termasuk sabung ayam. Sebagai contoh, ia pun mengungkapkan kembali terkait kasus prostitusi yang viral di pemberitaan media massa. Saat itu, ia mendapatkan laporan dari masyarakat bahwa ada kegiatan prostitusi di wilayah hukumnya.

“Akhirnya saya bersama Bripda Mira Indah Cahyani (21) yang kesehariannya berhijab melakukan penyamaran sebagai PSK. Saat itu, Senin (28/9) malam, kami datang ke warung kopi di Dukuh Ngrames, Pati, Jawa Tengah,” katanya mengawali cerita.