Batalkan Mutasi Era Panglima Gatot Nurmantyo, Hadi Tjahjanto Benar-benar Panglima TNI

Panglima Gatot Nurmantyo dan Panglima Hadi Tjahjanto. Foto via @Puspen_TNI
Panglima Gatot Nurmantyo dan Panglima Hadi Tjahjanto. Foto via @Puspen_TNI

POJOKSATU.id, JAKARTA – Pembatalan keputusan mutasi perwita tinggi oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di era kepemimpinan Panglima Gatot Nurmantyo terus menuai polemik.

Banyak yang mendukung keputusan Panglima Hadi, tapi tak sedikit pula yang mengecamnya.

Ini 16 Pati TNI yang Batal Dimutasi oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto

Berbeda, pengamat militer Connie Rahakundini Bakrie justru menganggap keputusan Hadi itu sama sekali tak patut dipersoalkan.

Malah, keputusan itu menunjukkan bahwa Hadi sudah memainkan perannya sebagai panglima baru dengan kewenangan yang dimilikinya.


Panglima TNI Batalkan Keputusan Mutasi Perwira TNI oleh Gatot Nurmantyo, Ada Apa?

“Jelas ini menunjukkan Pak Hadi playing his role sebagai Panglima TNI baru dengan segala kewenangan yang melekat,” kata Connie, Kamis (21/12).

Connie menyebut, justru keputusan Hadi itu tepat karena rotasi dan mutasi TNI yang dilakukan Gatot dinilai sangat tidak tepat waktu.

Batalkan Mutasi Panglima Gatot, Panglima Hadi Tjahjanto Didukung DPR

Jebolan Asia Pacific Center for Security Studies (APCSS) Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat itu menyebut, keputusan mutasi itu terjadi saat Hadi hendak ditunjuk sebagai Panglima TNI.

Terlebih, lanjutnya, keputusan Hadi itu menekankan pada kalimat ‘bukan berdasarkan like or dislikes’.

Batalkan Mutasi Panglima Gatot, Ada Seseorang di Belakang Panglima Hadi Tjahjanto

“Jadi bisa terbaca bahwa Gatot melakukan mutasi dadakan 84 pati di posisi penting dan strategis di TNI berdasarkan like or dislikes,” hematnya.

Menurut Connie, Hadi saat itu sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) terlibat dalam penilaian tentang kualifikasi kompetensi dan kinerja.

Jangan Adu Domba Panglima Gatot dan Panglima Hadi!

Karena itu, tegasnya, keputusan Hadi melakukan membatalkan mutasi TNI itu juga pasti sudah sangat ditimbang dan telah dibahas bersama perangkat Panglima yang melekat.

Penulis buku Pertahanan Negara dan Postur TNI Ideal ini menegaskan pembatalan itu tidak bertentangan dengan etika maupun hukum yang berlaku di negeri ini.

Soal Pembatalan Mutasi Panglima Gatot oleh Panglima Hadi, Menhan: Saya yang Buat!

“Sama sekali tidak. Kalau bertentangan, pasti DPR dan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) bersuara menolak, demikian juga para kepala staf terkait,” paparnya.

(boy/jpnn/pojoksatu)