Warga Temukan Bom Sisa Perang Dunia, Beratnya Mencapai 15 Kilogram

Bom Perang Dunia
Petugas Satuan Brimob Polda Kaltim tengah mengevakuasi bom sisa perang dunia yang ditemukan warga.

POJOKSATU,id-Warga Tarakan Kalimantan Utara menemukan mortir hasil peninggalan perang dunia kedua. Penemunya pekerja proyek penanganan banjir di Jalan Diponegoro, RT 13 Kelurahan Sebengkok pada Selasa (5/12) sekira pukul 20.30 Wita.

Ketika itu, dia menggali tanah untuk pelebaran sungai dan memasang gorong-gorong. “Aktivitasnya ‘kan mengangkat tumpukan tanah dari bawah pakai alat excavator,” kata Kanit Subden IV Gegana Satuan Brimob Polda Kaltim, Iptu Moh. Nur Sugiharto dikutip dari Radar Tarakan (Jawa Pos Group), Jumat (8/12).

Nur menuturkan, pada saat saksi mata bernama Warsito yang posisinya tidak jauh dari lokasi tempat penemuan bom tersebut melihat sebuah besi terjatuh dari dalam bucket excavator.

Awalnya Warsito mengira benda tersebut merupakan termos. “Setelah dia (Warsito) mendekat dan mengangkat benda tadi, tiba-tiba dia memanggil karyawan yang bekerja. Pada saat itu dipastikan benda tersebut berbentuk seperti bom,” ungkap Iptu Nur.


Mengetahui hal ini, Warsito yang ditemani karyawan proyek penanganan banjir lainnya langsung menyimpan mortir tersebut pada tanah yang datar.

Salah satu pekerja bernama Budiono kemudian melaporkan kejadian tersebut ke pihak kepolisian. Setelah itu aktivitas pengerjaan proyek penanganan banjir dihentikan sementara hingga selesainya evakuasi mortir.

Mortir akhirnya dievakuasi kemarin sekira pukul 11.00 Wita oleh personel Penjinak Bom (Jibom) Subden 4 Gegana Brimob Polda Kaltim.