Menyambut Libur Panjang, Ini yang Bakal Dipersiapkan Polisi

Ilustrasi Tol Cikampek arah Jakarta yang macet parah. Foto via Jawa Pos, tol cikampek
Ilustrasi. Foto via Jawa Pos

POJOKSATU,id-Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menyiapkan skema pengaturan lalu lintas pada libur long weekend yang jatuh pada hari Jumat 1 Desember 2017 hingga 3 Desember 2017.


Diperkirakan libur panjang kali ini, ribuan kendaraan dari arah Jakarta bakal berlibur ke luar daerah. Hal itu disampaikan Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Halim Pagarra saat dikonfirmasi,Kamis(30/11).

Halim mengatakan, pihaknya akan turun ke lapangan sebanyak 787 anggota. Hal itu dikukan kata Halim, guna mengatur lalin di wilayah hukum Polda Metro Jaya selama libur long weekend. “Nanti ada dari Dishub juga,”kata dia.

Halim menjelaskan, demi kenyamanan warga Jakarta saat berlibur, nantinya skema pengaturan Lalin akan dibagi menjadi tiga. Pertama, pengalihan arus. Kedua, contra flow. Ketiga, penutupan jalan.


Lanjut Halim, ketiga skema itu diyakini bisa membuat kondisi Lalin tak macet. “Kita akan fokuskan pengaturan Lali di gardu tol masuk dan keluar Cikarang Utama. Mengingat, kawasan itu nerupakan titik rawan kemacetan,” ucapnya.

Selain menyiapkan skema pengaturan Lalin, pihaknya pun akan memberikan penjagaan di lokasi wisata di Jakarta yang diprediksi akan ramai pada libur panjang long weekend nanti seperti, Kebun Binatang Ragunan dan Ancol.

(fir/ysp/pojoksatu)