Rawan Soal Isu Agama, Tiga Kapolda Ini Diganti

Kapolda Diganti
Kapolri Jenderal Pol Muhammad Tito Karnavian saat melakukan serah terima jabatan (Sertijab) tiga Kapolda i Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Rabu (29/11).

POJOKSATU,id-Kapolri Jenderal Pol Muhammad Tito Karnavian menjadi inspektur upacara dalam serah terima jabatan (Sertijab) tiga Kapolda di Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Rabu (29/11).

Ada tiga Kapolda yang diganti saat ini, mereka adalah Kapolda Sulawesi Selatan, Kapolda Kepulauan Riau dan Kapolda Kalimantan Barat.

Kapolda Sulsel yang sebelumnya dijabat oleh Irjen Pol Muktiono diganti oleh Irjen Pol Umar Septono. Sedangkan Muktiono sendiri dimutasikan menjadi Kooordinator staf ahli Kapolri.

Untuk Kapolda Sulsel, kata Tito, juga masuk penyegaran juga, melalui Umar Septono diharapkan Sulsel menjadi provinsi yang lebih agamis. Apalagi selama di NTB, Umar dirasa berhasil melakukan pendekatan dengan para tokoh agama disana.


“Pak Umar penggantinya, di NTB saya tau sukses besar, pendekatan kepada banyak pihak, ulama, semua dilakukan. Sulsel berkarakter yang kental dengan nuansa Islami, kita harap juga bisa tetap mengayomi yang lain. Kita harapkan bisa menjadi tokoh yang baik disana,” kata Tito.

Adapun untuk Kapolda Kepri yang sebelumnya dijabat Irjen Pol Sam BudigusdianĀ akan diserahkan ke Irjen Pol Didid Widjanardi. SamĀ akan dimutasi pada penugasan Lemhanas Polri.

Menurut Kapolri, Sertijab sejumlah pejabat Polri tersebut dalam rangka penyebaran organisasi. Karena beberapa jabatan dirasa sudah cukup lama dipegang perwira yang sama.