Pidato Pribumi Anies Baswedan, Istri Ahok jadi Sasaran Ujaran Kebencian

Veronica Tan
Veronica Tan

POJOKSATU.id, JAKARTA – Ada saja orang yang ingin memperkeruh situasi terkait pidato kontroversial Gubernur DKi Jakarta Anies Baswedan yang menggunakan istilah ‘pribumi’.

Kali ini, yang menjadi korban adalah istri Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Veronica Tan yang menjadi korban berita bohong alias hoax ujaran kebencian.

Ironisnya, masyarakat yang entah sadar atau tidak, malah menyebarkannya di media sosial.

Seperti akun facebook Charina Wijaya pada 17 Oktober 2017.


Sebenarnya tidak ada yang salah pada posting-an itu. Sebab, semua orang memang bebas beropini terkait pidato Anies tersebut.

“Masih soal pelintiran orang pendengki terhadap perkataan pribumi di pidato pelantikan Gubernur DKI terpilih Anies Baswedan 16 Oktober 2017, yang sebenarnya dalam konteks kolonialisme penjajahan Belanda, dan dipelintir mereka menjadi seakan itu adalah hal Rasialis,” tulis Charina.

Sampai di situ tidak ada yang salah dengan postingan Charina sampai akhirnya ia menulis berita yang tak benar.

“Ternyata yang rasialis adalah istri Ahok. Istri Ahok menyatakan, ’pribumi Indonesia jadi rakyat aja ngerepotin, apalagi jadi pemimpin,” lanjutnya.

Setelah kalimat itu, Charina lantas ,menambahkan tautan link artikel dari turnbackhoax.id yang terdapat screenshot istri Ahok Veronica Tan dalam sebuah pemberitaan.

Padahal, artikel turnbackhoax.id yang dibagikan oleh Charina itu merupakan klarifikasi atas hoax yang menimpa Veronica Tan.