Kejati DKI Pelajari Berkas Jonru Ginting, Ini Hasilnya…

Jonru Ginting saat tampil di ILC 2
Jonru Ginting saat tampil di ILC

POJOKSATU.id – Berkas perkara kasus dugaan ujaran kebencian melalui akun media sosial Facebook yang menjerat Jon Riah Ukur Ginting alias Jonru Ginting sudah dilimpahkan polisi ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta, Rabu (11/10).

Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) Kejati DKI Jakarta Nirwan Nawawi menyampaikan, hingga saat ini jaksa dari Kejati DKI masih meneliti kelengkapan formal maupun materil berkas perkara Jonru Ginting tersebut.

“Sampai saat ini masih dalam penelitian jaksa peneliti,” kata Nirwan saat dikonfirmasi, Jumat (20/10/2017).

Nirwan katakan, perkara Jonru Ginting dilimpahkan Rabu 11 Oktober 2017 lalu oleh penyidik Polda Metro Jaya. Dengan demikian, Kejati DKI Jakarta masih punya waktu empat hari untuk meneliti sebelum diputuskan lengkap atau tidaknya.


“Sebagaimana Pasal 138 Ayat 2 KUHP, dalam hal hasil penyidikan belum lengkap, penuntut umum mengembalikan berkas perkara kepada penyidik berikut petunjuk dalam waktu 14 hari,” terangnya.

Untuk diketahui,dalam kasus ini, Jonru Ginting dijerat pasal 28 ayat (2) juncto pasal 45A ayat (2); dan atau pasal 35 juncto pasal 51 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE),  dan atau pasal 4 huruf (b) angka (1) juncto pasal 16 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis, dan atau pasal 156 KUHP tentang Penghinaan terhadap Suatu Golongan.

Dia telah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di Polda Metro Jaya sejak 30 September 2017. Jonru dilaporkan ke Polda Metro Jaya pada 31 Agustus 2017 oleh Muannas Al Aidid.

(fir/pojoksatu)