Anies-Sandiaga Diperingatkan Mendagri: Jangan Seenaknya!

Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno berangkat bersama di hari pertama kerja. Foto via @aniesbaswedan
Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno berangkat bersama di hari pertama kerja. Foto via @aniesbaswedan

POJOKSATU.id, JAKARTA – Meski Anies Baswedan-Sandiaga Uno (Anies-Sandiaga) sudah resmi menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, namun keduanya tak bisa berbuat seenaknya.

Hal itu berkenaan dengan perompakan pejabat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan pemerintah provinsi DKI Jakarta.

Atas dasar itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengingatkan pasangan kepala daerah itu jangan kaku melakukan mutasi pejabat DKI. Apalagi sampai melanggar regulasi.

“Iya memang tak boleh (mengganti SKPD) selama enam bulan). Tapi tetap tidak harus kaku,” kata Tjahjo di Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (18/10).


Resmi! Anies Baswedan Dilaporkan ke Bareskrim Polri, Ini Buktinya

Anies Baswedan Dipolisikan, Sandiaga Uno Diperiksa Polda Metro Jaya

Kekakuan yang dimaksud untuk mengganti pejabat yang sudah masuk usia pensiun atau meninggal dunia. Ketika dua hal ini mau tak mau Anies-Sandi harus mengisi pejabatanya.

“Bisa kalau dia meninggal, atau berhalangan boleh-boleh saja,” sambung Tjahjo.

Hal itu diatur pada pasal 71 ayat (2) Undang-Undang Nomor 10/2016 tentang Pilkada.

Jimly Asshiddiqie: Anies Baswedan Gak Usah Pidato, Kerja Saja yang Bener

Pidato Anies, Pengamat: Jangan Asal Mangap, Solusimu Mana?

Pasal itu menyebutkan, ‘Gubernur atau Wakil Gubernur, Bupati atau Wakil Bupati, dan Walikota atau Wakil Walikota dilarang melakukan penggantian pejabat 6 (enam) bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon sampai dengan akhir masa jabatan kecuali mendapat persetujuan tertulis dari Menteri’.

Sebelumnya Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Sumarsono mengingatkan Anies-Sandi Uno bila resmi dilantik, tak boleh langsung mengganti SKPD.

Banteng Muda Indonesia yang Laporkan Anies Baswedan Dapat Ancaman

Relawan Anies Baswedan kepada Relawan Ahok-Djarot: Cerdas Dikit dong

Oleh karena itu, menurut dia, jika tetap ada pergantian SKPD. Maka bisa saja baik Anies maupun Sandi terkena sanksi.

“Bisa dapat sanksi teguran, pembinaan dan pembatalan perpindahan SKPD,” tegas Sumarsono.