PAN Buka Pendaftaran Calon Walikota dan Wakil Walikota Bogor

Safrudin Bima dan Mahakaty
Safrudin Bima dan Mahakaty

POJOKSATU.id, BOGOR – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Bogor membuka pendaftaran calon walikota, calon wakil walikota, dan calon anggota legislatif.

Pengambilan formulir pendaftaran calon walikota Bogor dimulai sejak Senin, 9 Oktober hingga Sabtu, 14 Oktober 2017.

Ketua Komite Pemenangan Pemilu Daerah DPD PAN Kota Bogor, Mahakaty, mengatakan, pendaftaran dibuka untuk internal dan umum.

“Sudah ada beberapa bakal calon yang ambil formulir. PAN memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada figur internal maupun eksternal untuk mendaftarkan diri sebagai calon walikota maupun wakil walikota Bogor,” ucap Mahakaty, Selasa (10/10/2017).


Mengapa PAN buka pendafataran saat kadernya sendiri Bima Arya (calon incumbent) masih diunggulkan untuk memimpin Bogor? Mahakaty mengatakan, PAN hanya melaksanakan mekanisme partai.

“Kami buka kesempatan untuk semua. Siapa pun boleh mendaftar. Tapi kalau ada kader PAN yang maju, kami akan prioritaskan. Itu sesuai mekanisme partai,” tambahnya.

Ia menambahkan, untuk bakal calon wakil walikota Bogor yang akan mendampingi Bima Arya, PAN mengacu pada hasil survei.

“Mereka (calon wakil walikota) juga harus mendaftar di PAN. Agak sulit bagi PAN mengusulkan nama mereka jika tidak melalui mekanisme partai (mendaftar),” imbuh Mahakaty.

Mahakaty mengingatkan, siapa pun yang berhasrat menjadi wakil walikota Bogor mendampingi Bima Arya harus mendaftar terlebih dahulu.

“Ini mekanisme partai, yang tidak mendaftar akan sulit dipilih sebagai calon pendamping Bima Arya,” tambahnya.

Dikatakan Mahakaty, setelah para kandidat calon walikota dan wakil walikota mendaftar, pihaknya akan melakukan survei dengan menggandeng lembaga survei.

Tiga orang yang hasil surveinya tertinggi akan direkomendasikan ke DPP PAN untuk selanjutnya ditetapkan menjadi calon walikota atau calon wakil walikota Bogor.

Ketua DPD PAN Kota Bogor Safrudin Bima menambahkan, hasil survei menunjukkan bahwa Bima Arya masih dijagokan untuk memimpin Kota Bogor.

“Hasil survei Bima Arya sangat tinggi. Jadi wajar jika PAN menempatkan Bima Arya di depan. Kita realistis saja,” ucapnya.

(one/pojoksatu)