Yorrys Raweyai Berakhir di Golkar, Setya Novanto Keluarkan Pencopotan

Yorrys Raweyai
Yorrys Raweyai

POJOKSATU.id – Beredar informasi yang didapat awak media, Yorrys Raweyai telah dicopot dari jabatannya sebagai, Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam) Partai Golkar. Posisi Yorrys dikabarkan digantikan oleh kader Partai Golkar, Eko Widyatmoko.

Saat dikonfirmasi, Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Partai Golkar, Roem Kono membenarkan bahwa Ketua Umum Setya Novanto telah mencopot Yorrys.

“Saya sudah mendengar, nanti saya akan konfirmasi ke Sekjen Golkar,” ujar Roem saat dihubungi, Selasa (3/10).

Wakil Ketua Komisi IV DPR ini juga mengaku wacana pergantian Yorrys memang sudah diwacanakan. Apalagi itu keinginan dari Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto.


“‎Nanti akan ada penjelasan resmi dari Partai Golkar,” katanya.

Sementara, Ketua DPP Partai Golkar Aziz Samual mengatakan, pergantian Yorrys tersebut sudah diputuskan pada Senin (2/10) sore. Dengan ditandatangani oleh Ketua Umum Setya Novanto dan Sekretaris Jenderal Idrus Marham.

“Surat pergantian sudah ditandatangani kemarin sore oleh Ketua Umum dan Sekjen,” katanya.

Sekadar informasi, Yorrys Raweyai selama ini adalah petinggi Partai Golkar yang paling vokal menyuarakan untuk penonaktifan Setya Novanto dari jabatan ketua umum.

Yorrys mengaku ingin menggantikan Setya Novanto karena elektabilitas Partai Golkar saat ini merosot setelah ketua umumnya tersangkut dalam pengadaan korupsi kartu tanda penduduk berbasis elektronik (e-KTP).

Nantinya, apabila Setya Novanto telah dinonaktifkan, Yorrys kala itu mengaku posisinya akan digantikan dengan pelaksana tugas atau Plt. Sementara nama kader Golkar yang ingin menggantikan Setya Novanto adalah Airlangga Hartarto.‎

(cr2/jpc/pojoksatu)