Murid Gila! Biayai 65 Guru Melancong ke Luar Negeri

Para guru berpose di Singapura atas biaya Fredy Chandra. Foto ist: Sulikin
Para guru berpose di Singapura atas biaya Fredy Chandra. Foto ist: Sulikin

POJOKSATU.id, JAKARTA – Murid gila! Demikian sebut Kepala SMAN 1 Pekalongan, Jawa Tengah, Sulikin, yang disematkan kepada salah satu mantan siswanya, Fredy Chandra.

Tak tanggung-tanggung, alumnus luluan 1993 itu membawa guru-gurunya melancong ke luar negeri. Bukan satu atau dua orang, melainkan 65 guru!

Para ‘Oemar Bakrie’ itu pun akhirnya mendapat kesempatan tak terbayangkan, yakni melancong ke Singapura selama lima hari tanpa harus mengelurkan uang sepeser pun.

Bahkan, untuk urusan adiministrasi dan seluruh dokumen, mereka pun tinggal duduk manis.


Ditemui di kantornya, Sulikin yang tampak berseri-seri, menuturkan kisah hidup yang tak pernah terbayangkan sekalipun di benaknya itu.

“Ini hal yang jauh dari angan-angan. Ini berawal saat kami kedatangan salah satu alumnus SMAN 1 Pekalongam di tahun 1993 benama Fredy Chandra,” ungkapnya.

BACA: Siapa Itu Fredy Chandra yang Ajak 65 Gurunya Melancong ke Luar Negeri? Ini Profilnya 

Usai mengobrol kecil, Fredy lantas menyampaikan keinginannya untuk mengajak guru yang masih aktif dan sudah pensiun jalan-jalan ke Eropa.

“Saya pikir anak ini gendeng. Saya tidak percaya ucapannya,” kata Sulikin.

Saat itu, kata dia, jumlah mantan guru Fredy sekitar 40 orang. Namun, Fredy tidak mempermasalahkan itu.

BACA: Fredy Chandra Sempat ‘Ancam’ Biro Perjalanan Saat Ajak 65 Gurunya Melancong ke Luar Negeri 

Fredy tetep berikukuh dan menyatakan akan datang lagi ke sekolah dua minggu kemudian dan meminta guru-guru untuk dikumpulkan.

“Lalu kami kumpulkan semua guru-guru, baik yang aktif maupun sudah pensiun. Saat itu Fredy sendiri yang menyampaikan niatnya di hadapan kami semua,” lanjutnya.