Wagub Jabar Undang Presiden ke Ciletuh Desember Mendatang

Pembukaan Ciletuh-Palabuhanratu Geopark Festival 2017 yang kedua di Pantai Palangpang, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Minggu sore (24/9/17). (FOTO : Humas Pemprov Jabar)

POJOKSATU.id, Kab. Sukabumi – Jelang keputusan penetapan Ciletuh-Palabuhanratu Geopark sebagai geopark dunia atau Unesco Global Geopark (UGG), Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama Pemerintah Kabupaten Sukabumi terus berbenah dan menggelar berbagai event. Salah satunya adalah Ciletuh-Palabuhanratu Geopark Festival (CGF) 2017 yang digelar tiga kali di lokasi berbeda di kawasan Geopark.

September ini Pantai Palangpang menjadi tuan rumah gelaran festival yang digelar kedua kalinya ini. Pada Agustus lalu, Palabuhanratu telah sukses menggelar CGF 2017 pertama. Dan pada 10 Desember 2017 mendatang, Pantai Ujung Genteng akan menjadi lokasi CGF 2017 ketiga dan rencananya akan dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Dalam pertemuan terakhir dengan Bapak Presiden, saya sengaja mengundang beliau ke Ciletuh-Palabuhanratu Geopark ini. In Shaa Allah bulan Desember nanti untuk melihat bagaimana festival budaya Ciletuh-Palabuhan Ratu Geopark yang akan disahkan nanti oleh Unesco Global Geopark, kalau tidak ada halangan,” kata Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar (Demiz) dalam sambutannya pada pembukaan Ciletuh-Palabuhanratu Geopark Festival 2017 yang kedua di Pantai Palangpang, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Minggu sore (24/9/17).

“Sekaligus (Presiden) menetapkan dimana lokasi tahun depan akan dibangun bandara di Kabupaten Sukabumi ini,” lanjutnya.


Untuk lokasi bandara, Demiz mengaku pihaknya telah menawarkan dua lokasi, yaitu di Cikembar dan Citarate. Namun, Demiz ingin bandara dibangun di Citarate, Kabupaten Sukabumi, mengingat telah ada proyek infrastruktur transportasi lain seperti jalan tol dan jalur kereta api double track ke kawasan Sukabumi lainnya.

“Kalau Cikembar untuk melayani Kabuapten Sukabumi dan Kota Sukabumi, tapi kalau di Citarate itu memang khas untuk melayani para wisatawan dan Kabupaten Sukabumi. Jadi, biarkan beliau (Presiden) memilih. Mudah-mudahan Desember nanti beliau tidak ada halangan dan bisa hadir ke Ciletuh,” harap Demiz.