Bendera Indonesia Terbalik, Malaysia: Kesalahan Percetakan itu…

POJOKSATU.id, MALAYSIA – Pemerintah Malaysia akhirnya resmi menyampaikan permintaan maafnya kepada masyarakat Indonesia berkenaan insiden bendera Indonesia terbalik di SEA Games 2017.

Permintaan maaf itu disampaikan Menteri Belia dan Sukan Malaysia Khairy Jamaluddin yang sekaligus melakukan pertemuan dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawian di Hotel Shangrilla, Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (20/8) siang.

Khairy menyebut, insiden tersebut dikarenakan kesalahan yang dibuat Malaysia dalam percetakan buku cendera mata yang diberikan untuk tamu kehormatan, Sabtu (19/8) malam.

Bendera Indonesia Terbalik, Tsamara Amany: Malaysia Pantas Malu!

Bendera Merah Putih Dipasang Terbalik, Malaysia Minta Maaf

“Ini suatu kesalahan yang besar, dan saya sebagai pihak tuan rumah telah memohon maaf kepada pak Imam selaku Menpora dan memohon maaf pada seluruh rakyat Indonesia,” kata Khairy.


Bendera Indonesia dipasang terbalik di Sea Games
Bendera Indonesia dipasang terbalik di Sea Games 2017 Malaysia

Khairy juga menyebut, kesalahan cetak bendera Merah Putih itu lebih dikarenakan kelalalin besar yang tak disengaja hingga merusak image Indonesia.

DUH! Tak Hanya di Buku Panduan, Bendera Indonesia Terbalik Juga Dimuat di Koran Malaysia

Setelah Bendera Terbalik, Kini Timnas U-22 Kehabisan Makanan di Hotel

“Untuk makluman, saya telah memerintahkan supaya semua buku tak diedarkan lagi dan satu percetakan baru dibuat untuk dibetulkan dan akan dikirim kembali ke tamu negara yang hadir di acara pembukaan,” tambahnya.

Permohonan maaf resmi, lanjut Khairy, akan dikeluarkan dari kerajaan Malaysia, termasuk permohonan resmi dirinya kepada Menpora Imam Nahrawi secara lisan dan tertulis.