Sudah 10 Sekolah Dibakar, Siapa Pelakunya?

Sekolah dibakar
Ilustrasi kebakaran sekolah

POJOKSATU.id, PALANGKARAYA- Aksi pembakaran sekolah SD di Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) terus berlanjut. Hingga kini sudah 10 SD dibakar.

Wakil Ketua Komisi X DPR Sutan Adil Hendra, mengatakan, pembakaran sekolah merupakan perbuatan yang sangat keji dan tidak bertanggung jawab.

“Kita tentu kecewa mendengarnya. Kami menyesalkan dan mengutuk perbuatan keji yang tidak berprikemanusiaan terhadap sendi-sendi pendidikan,” ujar Sutan Adil saat dihubungi JawaPos.com, Selasa (1/8).

Menurut Sutan Adil, jika sudah menyangkut sarana dan prasarana pendidikan dan peningkatan sumber daya manusia (SDM) di tengah kesulitan anggaran negara, perbuatan tersebut tidak bisa ditoleransi.


“Kita minta penegak hukum harus segera menangkap dan memproses pelaku agar jangan kejadian ini terulang di daerah lain,” tegas Adil.

BACA: Biadab, ABG Pembunuh TNI Kencingi Wajah Jauhari

Pembakaran sekolah kata dia, berdampak pada menurunkan mutu pendidikan. “Apalagi anggaran defisit. begitu dirusak, ini mau menghancurkan SDM bangsa terutama di Palangka Raya,” sambungnya.

Karena itu, Adil berharap supaya pelaku pembakaran sekolah itu diberi hukuman seberat-beratnya. Apapun alasannya, karena dia telah merenggut hak anak Indonesia dalam mendapatkan pendidikan yang layak,

‚ÄúTentu harus dihukum seberat-beratnya agar tidak terulang lagi,” pungkas politikus Partai Gerindra itu.