Obama Ngopi di Cafe Kebun Raya Bogor Hari Ini

Obama
Obama minum es kelapa muda

POJOKSATU.id, BPOGR- Hari ini, Kota Bogor kembali mendapat kehormatan menjadi tuan rumah menyambut Presiden ke-44 Amerika Serikat, Barack Obama. Tapi suasananya sedikit berbeda. Tak ada sambutan Kenegaraan seperti dentuman meriam, atau gelar pasukan. Hanya pengawalan standar VVIP, mengamankan pertemuan santai di sebuah cafe, di kawasan Kebun Raya Bogor.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menjamu Obama beserta istri dan keluarga di Grand Garden Resto and Cafe Kebun Raya. Suasananya disebut-sebut akan lebih mirip pertemuan keluarga saat mudik lebaran ketimbang dialog Kenegaraan. Simak saja agenda yang disiapkan Istana. Hanya ”ngopi” dan berbincang santai.

“Tidak ada agenda khusus, hanya makan siang bersama. Dan ini undangan pribadi pak Jokowi untuk Obama,” ujar Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi Johan Budi Sapto Pribowo, beberapa waktu lalu.

Akan tetapi, meski sudah tidak menjabat sebagai presiden Amerika Serikat, pengamanan terhadap Obama tetap akan sangat ketat. Tak kalah ketat dengan kunjungan saat Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Azis Al Saud selama di Indonesia Februari lalu yang melibatkan sedikitnya 5.384 personil. Petugas gabungan untuk pengamanan Obama selama di Jakarta saja tak kurang dari 4 ribu anggota.


Kemarin (29/6), ada apel gelar pasukan untuk pengamanan kedatangan mantan orang nomor satu negeri Paman Sam itu. Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M. Iriawan menegaskan bahwa semua persiapan sudah dimatangkan jelang kedatangan Obama. Termasuk kesiapan anggoa yang terlibat pengamanan terbuka dan tertutup.

”Semuanya ada 4 ribu personil kita siapkan pengamanan itu,” ujar Iriawan usai mengawal kunjungan Presiden Joko Widodo di Taman Margasatwa Ragunan kemarin.

Dia menuturkan, pengamanan tersebut bukan hanya untuk kedatangan Obama lantaran hendak bertemu dengan Jokowi saja. Tapi, juga berkenaan dengan pertemuan Obama di acara diaspora yang dijadwalkan pada Sabtu (1/7). ”Semua sudah tersetting. Baik beberapa objek, maupun beliau (Obama) makan. Kemudian besok ke Istana Bogor,” ujar Iriawan.

Kunjungan Obama kali ini lebih bersifat sebagai liburan dan pertemuan biasa. Bukan misi kenegaraan. Apalagi, Jokowi mengundang secara pribadi Obama ke Indonesia. Sebelumnya, Obama berlibur di Bali dan berlanjut ke Jogjakarta.