Memasuki H-2 Lebaran, Volume Kendaraan di Gerbang Tol Cikarang Utama Mulai Padat

Gerbang Tol Cikarang Utama

POJOKSATU.id  – Memasuki H-2 mudik lebaran 2017, kepadatan mulai terjadi di Gerbang Tol Cikarang Utama yang sudah dipadati kendaraan pribadi.

Imbas dari naiknya volume kendaraan yang melintasi Gerbang Tol Cikarang Utama, kecepatan rata-rata kendaraan hanya sekitar 20-30 kilometer per jam.

Menurut penjelasan salah satu anggota Satuan Tugas Lancar Polres Bekasi, kondisi kemacetan usai Gerbang Tol Cikarang Utama mulai terjadi sudah terjadi pada dua hari lalu.

“Kepadatan sudah mulai terjadi sejak hari selasa (20/6/2017) malam. Kemungkinan hari ini (Kamis) akan lebih padat karena besok (Jumat) sudah mulai libur nasional. Prediksi Kamis (22/6/2017) malam ini (puncaknya),” ujar anggota Humas Polsek Cibarusah Aiptu Asep Djuarsa.


Untuk mengurai kemacetan yang masih terjadi di ruas tol Cikarang Utama, pihak Polres Kabupaten Bekasi melibatkan beberapa personel dari wilayah lain untuk membantu ke dalam Satgas Lancar.

Pihak dari Polres Kabupaten Bekasi memiliki area kerja dari ruas tol Tambun hingga rest area km 39 di Cikarang Pusat.

“Sementara meski padat tapi masih lancar, tapi dikhawatirkan terjadi mogok total akibat terlalu parahnya kemacetan. Namun kami optimistis dengan adanya Satgas Lancar arus lalu lintas tetap kondusif,” papar Asep.

Dilansir dari Antara, kepadatan tersebut mulai terurai tepat di depan rest area KM 39 meskipun volume kendaraan sudah ramai.

Situasi di dalam rest area KM 39 juga cukup berbeda dengan rest area km 19 yang sepi dan hanya terlihat antrian pendek kendarsan yang akan mengisi bahan bakar.

Arus kendaraan yang melewati jalur Tol Jakarta – Cikampek pada H-2 (Rabu, 22/6/2017) lebaran PT Jasa Marga Jakarta-Cikampek Cabang Bekasi, Jawa Barat, menyampaikan bahwa pada pada H-4 Lebaran kemarin kendaraan yang melintasi Tol Jakarta-Cikampek meningkat 49 persen.

“Peningkatan volume itu mulai terjadi pada malam hari sekitar pukul 20.00 WIB-00.00 WIB,” kata Humas Jasa Marga Jakarta-Cikampek Cabang Bekasi Handoyo di Kabupaten Bekasi.

Menurut dia, pada H-3 (22/6/2017) diprediksi jumlah kendaraan yang masuk Gerbang Tol Cikarang Utama sekitar 120.000 kendaraan.

(hal/ps)