Di Luar Dugaan, Begini Kondisi Aldi Rizal, Bocah Perokok 4 Bungkus Sehari

Aldi Rizal
Aldi Rizal bersama ibunya, Diana. Foto The Age

POJOKSATU.id, PALEMBANG- Aldi Rizal, bocah asal Teluk Kemang Sumatera Selatan (Sumsel) sempat membuat geger beberapa tahun lalu. Saat berumur 2 tahun, video bocah perokok 4 bungkus sehari berjudul “Indonesia’s smoking baby” itu menjadi viral di dunia. Video tersebut mengundang keprihatian ahli kesehatan anak di seluruh dunia.

Beberapa tahun kemudian, tim Fairfax Media (penerbit the Age), mengecek lagi perkembangan terakhir Aldi. Hasilnya di luar dugaan. Aldi yang kini sudah berusia 9 tahun telah sukses bebas dari rokok dengan kisah yang luar biasa.

Fairfax menulis kisa Aldi dan ibunya dengan heroik, kocak, dan inspirati. Tim Fairfax dengan sangat bangga menjulukinya sebagai “penakluk kecanduan rokok termuda di dunia.”

“Saya terus menonton orang merokok dan itu terlihat lezat, rasanya enak saat merokok, tapi sekarang saya pikir cokelat lebih baik daripada merokok,” ucap Aldi kepada Tim Fairfax.


Aldi berhenti merokok empat tahun lalu dengan bantuan psikolog anak Dr Kak Seto Mulyadi.

Aldi Rizal
Aldi Rizal saat masih suka merokok. Foto The Age

Perjuangan Aldi untuk melepaskan diri dari ketergantungan rokok bukan perkara mudah. Setiap kali muncul keinginan untuk merokok, Aldi menggantinya dengan makanan. Akibatnya, berat badan Aldi langsung naik drastis.

“Dia makan banyak kapan pun dia ingat rokok. Dia makan tiga ekor ayam dalam satu kali makan, tiga mangkuk (sup bakso) sekaligus, satu kaleng susu kental di pagi hari dan satu di malam hari. Jika saya berkata kurangi makanannya, dia mengamuk dan mengancam untuk pergi dan merokok lagi. Jadi aku membiarkan dia makan apa yang dia inginkan, berat badannya lepas kendali saat itu,” ucap Diana, ibu kandung Aldi.

Aldi Rizal
Aldi Rizal bersama ibunya, Diana. Foto The Age

Saat Aldi mulai masuk sekolah, anak-anak mengolok-olok kotak makan siangnya yang besar. Sejak saat itu, Aldi mulai mengurangi makanannya, sehingga berat badannya mulai menyusut.