Waduh, Sudah 2.206 Karyawan Freeport Kena PHK

Karyawan PT Freeport demo
Karyawan PT Freeport melakukan aksi unjuk rasa. Foto via Jawa Pos

POJOKSATU.id, TIMIKA- PT Freeport Indonesia terus melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawannya. Hingga saat ini sudah 2.206 karyawan Freeport kena PHK.

Angka ini naik dua kali lipat dibandingkan jumlah karyawan yang di-PHK pada pertengahan Mei lalu yang hanya 840 karyawan.

Para karyawan PT Freeport yang di-PHK ikut dalam aksi mogok kerja di Timika beberapa waktu lalu. Mereka menuntut keadilan dari manajemen PT Freeport.

Pada pertengahan Mei lalu, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Perumahan Rakyat Kabupaten Mimika Septinus Soumilena mengakui telah menerima laporan dari Freeport soal PHK 840 karyawan.


“Saya menerima surat pemberitahuan dari manajemen PT Freeport bahwa terhitung hingga Senin 15 Mei 2017 sudah 840 orang karyawan permanen PT Freeport yang telah di-PHK,” ucap Septinus, Senin 15 Mei 2017.

Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) cabang PT Freeport Indonesia di Kabupaten Mimika, Papua, mengumumkan aksi mogok selama 30 hari sejak 1 Mei 2017.

Aksi itu membuat Freeport mengambil tindakan tegas. Manajemen memberikan pilihan kepada para karyawan, ikut aksi dengan konsekuensi PHK atau kembali bekerja.