TKW Poliandri Pulang Bawa Anak, Suami Pertama Diusir dari Rumah

TKW Poliandri
Jamin memperlihatkan buku nikahnya dengan Eti. Foto Radar Cianjur

POJOKSATU.id, CIANJUR- Kasus dugaan TKW poliandri terjadi di Cidaun, Cianjur, Jawa Barat. TKW Poliandri bernama Eti Suhaeti (45) pulang ke kampung halaman membawa anak dan suami barunya.

Kedatangan Eti bersama dua anak dan suami barunya membuat suami pertamanya, Jamin (42) terkejut. Jamin tak pernah menyangka istrinya menikah lagi dengan pria lain tanpa sepengetahuannya. Bahkan, Eti telah memiliki dua anak dari pria lain.

Jamin menduga, suami baru Eti adalah majikannya sendiri saat menjadi TKW di Arab Saudi. Kenyataan itu baru diketahui Jamin saat Eti pulang ke Indonesia.

Setelah tiba di kampung halaman, sikap Eti juga berubah drastis. Ia nekat mengusir suami pertamanya dari rumah. Pasalnya, rumah yang ditempatinya merupakan hasil jerih payah Eti selama menjadi TKW di Arab.


Warga Kampung Cijambe RT 01/RW02 Desa Sukapura Kecamatan Cidaun, Cianjur itu bekerja sebagai TKW di Arab Saudi sejak tahun 2013. Ia pergi ke Arab untuk mengadu nasib karena ingin memperbaiki ekonomi keluarga.

Jamin yang berprofesi sebagai sebagai buruh tani dianggap tak memiliki penghasilan cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Jamin mengatakan, dirinya mengizinkan istrinya mengadu nasib ke tanah Arab karena ingin membantu ekonomi keluarga. Eti merasa penghasilan suaminya tidak cukup untuk keluarga.

“Katanya enggak cukup kalau dari saya saja. Dia juga suka lihat tetangga kalau pulang dari Arab, bisa bangun rumah dan banyak perhiasan,” tutur Jamin.