Mencekam, Ketua Umum FPI Dihadang di Bandara Supadio, Lihat Videonya

Polisi hadang massa FPI di Kalimantan Barat
Aparat gabungan memeriksa setiap mobil yang akan memasuki kawasan Bandara Supadio Kubu Raya, Jumat (5/5). (Syamsul Arifin/Rakyat Kalbar)

POJOKSATU.id, KUBU RAYA- Bandara Supadio, Kubu, Raya, Kalbar, mendadak mencekam, Jumat sore (5/5) kemarin. Penyebabnya, Ketua Umum FPI Ustaz Sobri dan Ketua Gerakan Nasional Pembela Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) Ustaz Bachtiar Nasir dihadang di Bandara Supadio.

Polisi juga melarang massa FPI dan Laskar Pembela Islam (LPI) Kalbar menjemput kedatangan Ustaz Sobri Lubis dan Ustaz Bachtiar Nasir di Bandara Supadio.

Kedua ulama itu rencananya akan menghadiri pelantikan pengurus DPC FPI Sungai Raya di kawasan Sakura Blits, Jalan Adisucipto, Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya.

Namun kedatangan mereka justru dihadang aparat di Bandara Supadio. Ketua DPP Umum FPI kemudian disuruh balik ke Jakarta.


Akhirnya Ustaz Sobri Lubis dan rombongan terpaksa meninggalkan bandara terbang kembali ke Jakarta pada pukul 20.02 WIB dengan menggunakan pesawat Citylink  QG-867.

Awalnya, para pengurus FPI dan LPI Kalbar sudah siap-siap menjembut Ustaz Sobri dan rombongan. Mereka bergerak dari kawasan Tanjung Raya I dan hendak konvoi menuju Supadio guna menyambut kedatangan Ustaz Sobri dan Ustaz Bachtiar Nasir.

Namun pengamanan di Kota Pontianak sendiri cukup wah. Lain dari biasanya. Sejak siang, kepolisian didukung TNI telah berkonsentrasi di halaman Hotel Garuda. Semakin sore, jumlah personel kepolisian dan TNI yang bersiaga di perempatan tersebut kian banyak.

Sebagian aparat keamanan tampak bersenjata lengkap. Beberapa kendaraan berat seperti mobil watercannon serta mobil pembawa kawat berduri tampak disiagakan di sekitar perempatan. Sekitar pukul setengah lima, jumlah kendaraan berat yang nongkrong di sana bertambah.