Jokowi Resmikan Program Sejuta Rumah di Cikarang

Wagub Jabar, Demiz mendampingi Presiden Jokowi meresmikan proyek rumah murah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah di Perumahan Villa Kencana Cikarang, Kabupaten Bekasi, Kamis (4/5). (FOTO : Humas Pemprov)

POJOKSATU.id, Kab. Bekasi – Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar (Demiz) mendampingi Presiden RI Joko Widodo meresmikan proyek rumah murah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di Lapangan Depan Masjid Arrayan Perumahan Villa Kencana Cikarang, Jl. Pulo Sirih No. 84 Sukajadi, Kabupaten Bekasi, Kamis (4/5).

Proyek perumahan tersebut merupakan bagian dari Program Sejuta Rumah yang digulirkan Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR RI. Proyek perumahan Villa Kencana Cikarang sendiri merupakan bantuan kredit dari PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. senilai total Rp 144,37 Triliun.

Bank BTN bekerjasama dengan PT Arrayan Bekasi Development menyediakan rumah tapak (landed house) bagi kalangan MBR dengan uang muka (down payment/DP) sekitar Rp1,12 juta dan cicilan sekitar Rp800 ribu per bulan.

Usai acara peresmian, Wagub Demiz menuturkan bahwa perumahan tersebut adalah solusi bagi masyarakat agar bisa memiliki rumah. “Saya kira ini salah satu solusi perumahan, masyarakat dapat menjangkau harganya, uang mukanya maupun cicilannya,” tutur Demiz.


Namun, ia juga mengingatkan bahwa pembangunan rumah tapak harus memperhatikan lahan pertanian. Karena proyek Villa Kencana Cikarang ini dibangun di atas lahan yang sebelumnya persawahan. Untuk itu, Demiz ingin ke depan pembangunan perumahan bisa lebih dikembangkan rumah vertikal atau rumah susun dengan fasilitas yang memadai.

“Kalau semuanya rumah tapak mungkin semua lahan pertanian juga akan berkurang ya. Mungkin suatu ketika nanti harus dikembangkan rumah susun, vertikal ke atas, yang fasilitasnya bagus, fasumnya (fasilitas umum) bagus. Kalau ini sawah, jangan sampai lahan pertanian kita berkurang. Kalau tapak gini kan 105 hektar, jangan sampai daya resap (tanah) juga terganggu. Makanya tadi kita lihat saluran, dan kita juga minta sumur resapan. Jadi air ada tempat meresap,” paparnya.