Korban Longsor di Banaran Bertambah, BNPB: Diperkirakan 27 Orang Tertimbun

Longsor di Ponorogo 5
Longsor di Ponorogo. Istimewa

POJOKSATU.id, JAKARTA- Data korban longsor di Banaran Ponorogo Jawa Timur tersebut bertambah. Informasi awal, jumlah korban hanya 11 orang, kemudian bertambah menjadi 17 orang. Namun informasi terbaru menyebutkan jumlah korban longsor di Ponorogo mencapai 27 orang.

“27 orang diperkirakan tertimbun longsor di Ponorogo. Warga yg sdg di kebun dan rumah tertimbun longsor dengan cepat. Evakuasi dilakukan,” cuit Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho melalui akun Twiternya, Sabtu (1/4/2017).

Sutopo memastikan ada korban meninggal akibat longsor di Banaran. Namun Sutopo mengaku belum mendapat data resminya karena komunikasi di lokasi longsor sangat buruk. “Ada korban tewas, tidak ada komunikasi di TKP,” tambah Sutopo.

Longsor menerjang Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, Sabtu (1/4/2017) sekitar pukul 09.30 WIB. Sebelum longsor, hujan deras mengguyur wilayah itu sejak Jumat malam (31/3/2017).


Longsor di Ponorogo
Longsor di Ponorogo. Istimewa

Menurut Sutopo, BPBD Ponorogo bersama TNI, Polri, relawan dan masyarakat, masih melakukan evakuasi. Namun petugas gabungan membutuhkan alat berat untuk memudahkan pencarian korban.

Dikatakan Sutopo, jumlah rumah yang tertimbun longsor di Banaran diperkirakan mencapai 30 unit. Diduga, sejumlah korban terjebak dalam rumah yang tertimbun longsor.

(one/pojoksatu)