Kesalahan Terbesar Vlog Jokowi, Ternyata yang Lahir Bukan Anak Kambing, Tapi….

Vlog Jokowi soal kelahiran anak kambing di Istana Bogor.

POJOKSATU.id, JAKARTA – Presiden Jokowi memamerkan kelahiran hewan kambing yang dipelihara di Istana Bogor lewat video blog (Vlog) yang diunggah di laman Facebook pribadinya, Senin (13/3/2017).

Lewat vlog itu Jokowi tampak sumringah melihat kelahiran dua ekor kambing yang sehat dan lucu itu.

“Kabar gembira dari Istana Bogor. Telah lahir dua ekor bayi kambing yang sehat dan lucu, menambah jumlah kambing menjadi sepuluh ekor,” ujar Jokowi.


“Kelahiran adalah rahmat Tuhan Yang Maha Esa. Kelahiran adalah pembaharuan. Sebuah amanah dan berkah yang bermakna optimisme masa depan. Sesulit apapun proses kelahiran, tetapi akhirnya selalu indah, bahagia dan optimis. Di mana ada optimisme, maka di situ ada cinta.” lanjutnya.

Tapi benarkan hewan yang dipamerkan Jokowi itu adalah kambing?

Seorang netizen mempertanyakan jenis hewan yang ditunjukkan Jokowi itu ternyata berjenis DOMBA, bukan KAMBING.

“Itu mah domba bukan kambing,” ujar Suhenah Sumiarsih.

Namun rata-rata sebagian besar netizen yang berkomentar tampak mengamini hewan yang divideokan Jokowi itu adalah kambing.

Pojoksatu.id berusaha melihat ciri-ciri perbedaan Kambing dan Domba menurut Dr.Anna O’Brien seperti dikutip Organichcs.com.

Berikut perbedaan kambing dan domba secara fisik dan perilaku

1. Ekor

Ekor domba selalu terjulur ke bawah sedangkan posisi ekor kambing terjulur ke atas kecuali apabila sedang takut, sakit atau pada saat mengalami kesulitan.

2. Kebiasaan Makan

Domba, biasanya makan dengan cara merumput, mencari rumput yang pendek dan cepat di permukaan tanah. sedangkan kambing mencari-cari makanan, dedaunan segar, makan dengan agak berdiri, dan suka pucuk dedaunan. Mereka cenderung sangat tangkas.

3. Perilaku

Terdapat beberapa perbedaan perilaku antara domba dan kambing, kambing mempunyai perilaku yang cenderung serius dan independent/bebas, sedangkan domba lebih ketergantungan dan menyendiri. Domba mempunyai perasaan yang lebih kuat dalam berkelompok dan sangat gelisah ketika berpisah dari kawanannya dan akan menjadi lebih jinak. Kambing akan mencari perlindungan lebih cepat dari domba, mereka tidak suka ketika kaki mereka basah sehingga mereka akan mencari rumput di dataran yang lebih tinggi.

4. Perbedaan Fisik

Bila kita amati teliti secara fisik, kambing dan domba berbeda. Banyak jenis kambing, mempunyai rambut yang panjang di sebagian tubuhnya dan tidak perlu dilakukan pencukuran bulu. Domba, menghasilkan wool yang dapat di cukur secara berkala. Domba memiliki bibir atas yang dibagi oleh philtrum yang berbeda (groove). sedang kambing tidak.

Teliga kambing sebagian besar terjulai ke bawah dan panjang, sedangkan pada domba, telinganya menegak ke atas atau tidak terjulai. Pada kambing, terdapat kelenjar bau di bawah ekor yang sangat menyengat sedang pada domba tidak. Domba memiliki wajah atau kelenjar air mata di bawah mata mereka dan kelenjar bau di antara jari kaki.

Sebagian besar kambing secara alami memiliki tanduk ke arah atas atau samping dan tidak melengkung seperti domba sedang pada domba sebagian domba ada yang memiliki tanduk dan ada yang tidak.

(sta/pojoksatu)