Ongkos Haji Bakal Dinaikan , Ini Kisarannya

Ilustrasi Ibadah Haji

POJOKSATU.id, JAKARTA — Ongkos haji tahun depan sepertinya akan lebih mahal. Pasalnya, dalam rapat Komisi VIII DPR dengan Kementerian Agama (Kemenag), Senin (13/2), tercetus usulan kenaikan Biaya Penyelenggara Ibadah Haji (BPIH) sebesar Rp 1.090.000 dari tahun lalu.

Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher Parasong mengatakan, rencana kenaikan BPIH lantaran harga avtur meningkat dan ada perubahan kurs rupiah terhadap dollar, terhadap Real Saudi.

Kendati demikian, dia tetap berusaha agar BPIH tahun 2017 tidak ada kenaikan dari tahun 2016.

“Panja BPIH masih menggodoknya agar tidak ada kenaikan. Hari Kamis (16/2), Insyaallah sudah ada keputusannya mengenai transportasi, akomodasi dan konsumsinya,” katanya kepada wartawan, kemarin.


Selain menekan biaya haji, lanjut Politikus PAN itu, Panja BPIH nantinya juga akan memastikan pelayanan jamaah haji tidak mengalami kemunduran dari tahun lalu. Sebab, dengan kenaikan satu juta itu masih ada usulan pengurangan 500 real terhadap biaya living cost atau biaya tinggal. “Dari sebelumnya 1.500 real menjadi 1.000 real, atau sekitar Rp 3.750.000 bila dirupiahkan,” katanya.

Kalaupun ada kenaikan biaya haji, lanjut Ali, jangan sampai jamaah haji merasa terbebani dan ada pengurangan terhadap pelayanan jamaah. “Masa sudah dinaikkan, tapi pelayanannya malah dikurangi. Ini enggak fair,” katanya.

(ra/pojoksatu/JPG)